6 Tip Memperbaiki Ruangan Bayi Berdasarkan Feng Shui

By Avrizella Quenda, Senin, 8 Mei 2017 | 08:17 WIB
6 Tip Memperbaiki Ruangan Bayi Berdasarkan Feng Shui (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Jadi, Ibu baru saja membeli ranjang bayi yang sempurna dan meja ganti popok untuk kamar bayi. Jangan berhenti di sini. Penting juga jika Ibu meluangkan waktu untuk memikirkan dekorasi dan tata letak kamar bayi. Setidaknya itulah yang disarankan para pakar feng shui. Mereka yakin bahwa dengan menata kamar tidur menurut prinsip-prinsip metafisika Tiongkok, chi atau energi akan mengalir lebih lancar. 

Untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, Ibu mungkin punya keinginan mendapatkan ahli untuk membaca ba zi bayi (delapan karakter yang bisa ditentukan dari tanggal dan waktu kelahirannya). Nah, berikut ini Goh Guan Leong dari Way Fengshui Group akan berbagi sedikit saran umum tentang bagaimana merancang ruangan untuk bayi.

1. Kenali warna keberuntungan bayi

Bulan kelahirannya adalah panduan umum yang sangat berguna. Jika bayi lahir pada November, Desember, Januari, gunakan warna pink cerah, merah, ungu dan oranye. Bubuhkan warna-warna berani ini hanya sebagai nuansa di dinding putih, bukan di seluruh ruangan, jadi bayi tidak terstimulasi secara berlebihan. 

(Baca juga : Menata Kamar Bayi)

Jika ia lahir dalam bulan Februari, Maret atau April, warna keberuntungannya adalah putih, abu-abu dan emas. Jika bulan kelahiran Mei, Juni, atau Juli, Ibu bisa memilih warna-warna biru yang menenangkan di atas aksen cerah, juga hitam. Dan jika ia lahir di bulan Agustus, September atau Oktober, ia akan senang dalam lingkungan hijau. 

2. Cari arah yang menguntungkan untuk posisi ranjang bayi

Sekali lagi, bulan kelahiran bisa membantu menentukan tata letak tempat tidur yang menguntungkan. Jika anak lahir pada November, Desember atau Januari, tempat tidur harus menghadap ke selatan.

Kelahiran Februari, Maret atau April, barat adalah arah yang ideal. Jika lahir pada bulan Mei, Juni atau Juli, tempat tidurnya harus menghadap ke utara. Sementara, kelahiran pada Agustus, September atau Oktober, seharusnya tempat tidur menghadap ke timur.

(Baca juga : 10 Tip Mendekorasi Kamar Bayi)

3. Ranjang harus didekatkan ke dinding

Jangan letakkan tempat tidur di dekat pintu atau toilet, atau di bawah balok atau tiang. Untuk bayi-bayi yang lahir pada November, Desember atau Januari--yang juga dikenal sebagai musim dingin, sehingga si kecil kemungkinan juga berjenis tubuh “dingin” – ranjang seharusnya tidak menghadap AC.