Langkah-Langkah Tingkatkan Kemampuan Otak Anak

By Avrizella Quenda, Selasa, 9 Mei 2017 | 05:37 WIB
Cara meningkatkan kemampuan otak anak (Saeful Imam)

Nakita.id - Ada banyak cara yang dapat Ibu lakukan untuk merangsang kecerdasan si balita. Bisa dengan cara membacakan buku cerita atau juga bisa bermain saat waktu mandi. Selain itu, berikan nutrisi dari makanan yang mendukung kemampuan otaknya.

Psikolog pendidikan bernama Charles Ward dari Ward Psychology menjelaskan, "Hanya dengan ibu dan ayah, bermain atau membaca bersama dan melakukan hal-hal sehari-hari mampu memberikan kesempatan tanpa henti untuk berinteraksi sosial yang merupakan kunci untuk belajar.” Ada 7 langkah, yaitu:

1. Storytime atau waktu mendongeng

Dorong balita untuk memilih bukunya sendiri, dan bacakan dengan suara lantang dan keras guna membantunya untuk bisa lancar membaca di masa depan. Padahal, para ahli telah menemukan kaitan langsung yang menyarankan anak-anak yang mendengarkan dengan baik biasanya akan bisa membaca dengan baik pula.

(Baca juga : Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Sejak Dini)

"Pengalaman membaca sejak dini pada dasarnya harus menyenangkan dan bereksplorasi," kata Charles. Former Children’s Laureate, Michael Rosen setuju, dan ia menambahkan, "Membaca buku untuk anak-anak adalah cara terbaik untuk membuat mereka berpikir, bertanya-tanya, merasakan dan mengerti. Dorong anak untuk menyukai cerita, bagikan buku bergambar dan nikmati waktu berpelukan."

Biarkan anak bergabung dengan suara, sajak, tindakan dan kata-kata yang berulang. Dorong ia untuk mengajukan pertanyaan sehingga anak belajar dari cerita dan juga merasa terhibur. Atau Ibu bisa coba untuk mengatakan satu baris atau satu kata dan ajak anak untuk mengulanginya. Pastikan anak mendengarkan dengan baik.

2. Waktu mandi

Bermain percikan di bak mandi adalah surga bagi sebagian besar balita. Namun saat ia sedang membersihkan tubuh dan bermain, ia belajar banyak dan otaknya bekerja. "Mandi bisa menjadi laboratorium sains, mengeksplorasi apa yang tenggelam dan apa yang mengapung, menuangkan air, mengisi wadah berukuran berbeda yang bisa membuat pengalaman belajar menyenangkan," jelas Charles.

(Baca juga : 4 Permainan Sederhana untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak)

Ibu bisa membantunya memahami gagasan dasarnya dengan membicarakan apa yang terjadi, misalnya dengan mengatakan "Wow, itu mengapung!" atau "Oh tidak, itu tenggelam!". Cobalah mengambil boneka untuk berenang dan mintalah balita untuk memandikan ‘bayi’. Ini akan mendorongnya untuk belajar empati dan meningkatkan keterampilan. Buatlah busa mandi berbentuk huruf alfabet untuk meningkatkan keakrabannya dengan bentuknya. Buat kata baru setiap waktu mandi untuk membantu mengembangkan koneksi di otaknya antara bahasa lisan dan tulisan.

3. Waktu di luar rumah