Aneka Kesalahan Saat Tidur yang Menyebabkan Penuaan Dini Hingga Berat Badan Naik

By Gisela Niken, Kamis, 11 Mei 2017 | 22:27 WIB
Kebiasaan tidur yang salah bisa menyebabkan penuaan dini dan kenaikan berat badan (Gisela Niken)

Nakita.id – Tidur cukup menjadi kebutuhan semua orang. Namun, sadarkah Ibu bahwa ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan sehari-hari saat tidur yang dapat membuat kulit jadi terlihat lebih tua bahkan berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Salah satu posisi tidur yang mungkin Ibu sukai adalah posisi tengkurap. Namun sebaiknya Ibu menghindari menggunakan posisi ini sepanjang malam.

Jeannette Graf MD, dermatologis sekaligus asisten profesor di Mount Sinai School of Medicine New York mengatakan posisi tengkurap menyebabkan salah satu bagian pipi menempel di bantal dalam waktu yang lama.

Kondisi ini akan memicu terbentuknya garis halus secara permanen pada pipi. Tekanan antara pipi dan bantal yang terus menerus akan menyebabkan kerutan. Penggunaan bantal yang empuk dapat mencegah terjadinya garis halus ini.

Baca juga: Trik Mudah Agar Balita Tidak Tidur Larut Malam 

Kebiasaan tidur yang tidak nyenyak juga berpengaruh pada kulit. Susah tidur atau kurang tidur menjadi masalah umum yang dialami banyak orang. Namun, kebiasaan tidur kurang nyenyak atau kurang cukup ini bisa menyebabkan Ibu jadi terlihat lebih tua.

Sebuah studi yang dilakukan University Cleveland Medical Center di Ohio, Amerika mengungkapkan adanya hubungan kurangnya waktu tidur dengan penuaan dini. Menurut studi ini, kondisi kurang tidur membuat kulit sulit pulih dari paparan polusi serta sinar matahari.

Baca juga: Bantal Ibu Hamil yang Bikin Relaks dan Tidur Lebih Nyenyak 

Pencahayaaan saat tidur menjadi hal yang ternyata berpengaruh pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada 2012 menunjukkan terpapar cahaya dapat berpengaruh pada kualitas tidur dan juga menambah berat badan.

Hormon kortisol yang merupakan hormon stres tetap tinggi selama tidur jika tubuh terkena cahaya. Hormon stres ini juga akan tinggi selama tidur jika Ibu tidak terbiasa menjadikan waktu tidur menjadi saat yang relaks.

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Make Up Terhadap Kesehatan Mata

Salah satu kebiasaan yang buruk antara lain menjadikan tempat tidur sebagai tempat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Padahal, tempat tidur seharusnya menjadi cara agar Ibu bisa lebih bersantai. Cobalah untuk bersantai sejenak di tempat tidur sebelum benar-benar tidur.

Hindari kata ketiduran di tempat tidur akibat melakukan hal lainnya seperti membuka laptop. Michael Perlis seorang profesor di University of Pennyslvania mengungkapkan, santai selama satu jam sebelum tidur akan membantu orang untuk tidur lebih nyenyak dan terhindar dari gangguan tidur.