Ini Pola Makan Tepat Agar Ibu Awet Muda dan Langsing di Usia 30-an

By Heni Wiradimaja, Sabtu, 9 September 2017 | 08:00 WIB
Pola Makan tepat di Usia 30 (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Menjaga penampilan agar terlihat awet muda perlu dimulai di usia 30-an bahkan 20-an. Untuk usia 30-an, inilah pola makan tepat yang disarankan agar Ibu tetap awet muda dan langsing.

Perbanyak omega 3

Dalam pola makan seimbang, lemak wajib hadir dalam menu harian tetapi porsinya tidak perlu banyak. Nah sayangnya, tanpa sadar menu kita sering kali kelebihan lemak, terutama lemak jenuh yang berasal dari minyak goreng.

Padahal dalam sehari kita perlu membatasi konsumsi minyak goreng, maksimal dua sendok makan. Minyak goreng merupakan bentuk lemak jenuh, sehingga kurang dianjurkan dalam pola makan seimbang. 

Para ahli kesehatan lebih menganjurkan konsumsi lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 yang ternyata juga membantu kita tampak awet muda. Itu karena lemak omega-3 mengandung EPA, satu jenis antioksidan yang efektif melawan radikal bebas perusak sel tubuh termasuk pada kulit. Fungsi lainnya adalah menurunkan kadar lemak jahat.

Asupan lemak jahat atau lemak jenuh jika tidak dikontrol bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes, osteoporosis, hingga masalah depresi.

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health mengungkapkan kekurangan omega-3 merupakan faktor penyebab kematian dini pada 96.000 orang Amerika setiap tahun. Kondisi ini semakin parah karena omega-3 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Karenanya, Ibu perlu memasukkan menu makanan yang kaya akan lemak baik seperti tuna, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

(Baca juga: Agar Awet Muda Gunakan Krim Antiaging Sejak Usia 20-an)

Mengonsumsi berbagai macam makanan

Langkah berikutnya adalah mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayur setiap hari. Jangan mengonsumsi makanan yang itu-itu saja.

Setiap jenis sayur dan buah mengandung nutrisi yang berbeda sehingga akan saling melengkapi satu sama lain. Semakin beragam sayur dan buah yang dimakan akan semakin beragam pula zat gizi yang kita dapatkan.