Begini Stimulasi Body Smart Balita Supaya si Kecil Pintar Segalanya

By Heni Wiradimaja, Minggu, 4 Juni 2017 | 18:00 WIB
Body Smart (Heni Wiradimaja)

Nakita.Id - Semua anak harus tahu bahwa mereka adalah anak yang pintar. Mengapa demikian? Karena pintar mengandung konsep yang kuat. Lebih dari itu, ungkapan itu juga realistis karena semua anak memang pintar.

Ya, anak-anak harus tahu bahwa mereka memang pintar dan memahami bagaimana mereka berproses menjadi pintar. Anak-anak juga perlu tahu seberapa pintar diri mereka sehingga percaya dengan kemampuan mereka sendiri, dan karenanya selalu bersemangat untuk menggali lebih jauh kemampuan diri mereka.

Salah satu kepintaran yang dimiliki anak dari fisiknya adalah kepintaran kinestetik yang disebut juga body smart. Kepintaran ini dibangun dari keterampilan motorik sesuai tahapan usia anak.

Dengan memiliki keterampilan motorik yang sesuai, si Kecil akan terbantu dalam mencapai kepintaran lainnya, seperti bersosialisasi dengan sebaya yang biasanya diisi dengan acara bermain bersama.

Mam dan Pap perlu tahu keterampilan motorik apa yang bisa dicapai anak di usia balita. Dengan demikian kita tahu stimulasi apa yang dibutuhkan agar body smart-nya berkembang optimal.

Bagi anak sendiri, latihan keterampilan motorik akan membuatnya memahami proses dari tidak bisa menjadi bisa secara bertahap dan itu artinya mereka pintar. Dengan menjadi bisa, anak percaya dengan kemampuan mereka sendiri, dan karenanya selalu bersemangat untuk mengeksplorasi lebih jauh kemampuan dirinya sendiri agar semakin mandiri.

KEMAMPUAN BODY SMART ANAK USIA 3-4 TAHUN

Motorik Kasar Lari menghindari hambatan; berjalan di atas garis; berdiri dengan satu kaki selama 5-10 detik; meloncat di atas satu kaki, melompat di atas benda setinggi 15 cm; melempar bola di atas kepala dan menangkap bola yang dilemparkan padanya.

Motorik Halus Membuat menara dari 9 balok kecil; menggambar lingkaran, silang, segi empat; meniru tulisan; membuat bentuk-bentuk dari lilin mainan.

STIMULASI YANG DISARANKAN:

Stimulasi Motorik untuk Anak 3-4 Tahun

Memakai dan Menalikan Sepatu

Secara bertahap, latih ia membuka sepatu dan kaos kakinya sendiri. Setelah kemampuannya makin bertambah, ajarkan memakai sepatu bertali. Manfaat: Mengembangkan kemampuan motorik halus dan melatih kemandirian.

Main Tamu-tamuan

Anak bermain peran sebagai tuan rumah yang harus menyuguhkan sesuatu untuk tamunya. Berikan baki kecil, isi dengan gelas dan piring plastik. Sambil berjalan, ia berlatih keseimbangan, serta koordinasi dua tangan agar baki dan isinya tak tumpah. Manfaat lain: Belajar konsep berat dan ringan, menandai benda-benda yang ada di baki, dan secara tak langsung melatih tanggung jawab.

Meronce

Meronce manik-manik berbentuk silinder atau kubus kecil warna-warni dengan benang untuk dijadikan kalung. Manfaat: Sebagai dasar kemampuan menulis, juga mengenalkan bentuk dan warna, belajar berhitung, dengan menjumlahkan berapa balok atau silinder yang telah dirangkai.

Melambungkan Bola

Lambungkan bola (yang bisa memantul) ke atas, tunggu sampai jatuh ke bawah, biarkan memantul beberapa kali. Minta anak melakukan hal yang sama. Ajarkan bagaimana menangkap bola yang memantul dengan dua tangan tanpa tersentuh anggota tubuh lainnya. Manfaat: Melatih motorik dan koordinasi antara mata dengan tangan; bisa digunakan untuk mengajarkan konsep atas/bawah dan berapa kali bola memantul untuk belajar berhitung; melatih keterampilan bersosialisasi bila dilakukan bersama anak-anak lain.

Melompat Berirama

Ajak si kecil melompat bersama dengan iringan lagu kesukaannya. Gerakannya bisa maju selangkah, lompat, mundur lagi, lompat, dan seterusnya. Makin lama gerakannya makin cepat. Manfaat: Melatih koordinasi kaki dan telapak kaki, mengembangkan kemampuan melompat, belajar mengikuti irama.

Melempar Jepit Jemuran

Sediakan beberapa jepit jemuran warna-warni dan baskom. Buat garis kurang lebih 1/2 m dari baskom. Contohkan bagaimana melempar jepit itu agar masuk ke baskom. Jika berhasil, minta ia untuk lebih mundur lagi saat melempar. Manfaat: Mengembangkan keterampilan membidik target, koordinasi mata dan tangan serta keseimbangan, memperluas konsep keluar/masuk, serta latihan berhitung (sambil melempar, minta anak menghitung jepit yang sudah masuk).

Mam, kalau ingin tahu kepintaran apa yang menonjol pada si Kecil, manfaatkan alat ukur Smart Strength Finder yang akan ditemukan setelah mengisi registrasi Parenting Club. Jika registrasi berhasil,  Mam akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp50.000,-.