7 Cara Agar Anak Tetap Bersenang-senang dalam Perjalanan Jauh

By Ida Rosdalina, Sabtu, 27 Mei 2017 | 07:30 WIB
7 Cara Agar Anak Tetap Bersenang-senang Selama Melakukan Perjalanan Jauh (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Bepergian bersama keluarga, terutama pada salah satu momen spesial misalnya, liburan menjelang lebaran tahun ini bisa sangat menyenangkan dengan pergi ke luar kota bertemu keluarga besar. Namun, orang tua yang masih memiliki anak batita pasti akan kewalahan menjaga anak tetap tenang dan bersenang-senang selama perjalanan jauh yang umumnya menggunakan kendaraan pribadi mobil atau transportasi darat lainnya. Untuk mengantisipasinya, lakukan 7 cara di bawah ini:

1. Bersenang-senang saat berbagi informasi

Bila Ibu telah merencanakan tujuan liburan kali ini, sebaiknya ceritakan pada anak ke mana dan apa saja yang nantinya dilakukan. Dengan menjelaskan informasi rinci tentang tempat wisata, anak akan bersemangat dan tak sabar ingin sampai di sana. Ibu juga dapat menunjukkan padanya gambar-gambar atau video tujuan wisata agar anak pun bisa membayangkan dan berimajinasi dengan dunianya. Dengan cara ini, Ibu akan lebih mudah membujuknya saat ia mulai merasa rewel.

(Baca juga : Kiat Ampuh Agar Anak Tertidur Nyenyak Selama Liburan)

2. Biarkan anak membantu rencana perjalanan

Bila Ibu merencanakan liburan atau perjalanan dalam waktu singkat, kita dapat melibatkan anak untuk membantu. Ibu bisa melakukan Googling dan memberikan anak pilihan beberapa tempat wisata yang sekiranya disukai anak-anak.

Carilah aktivitas yang menyenangkan dan memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan orang-orang dari negara atau kota tersebut. Tapi apa pun yang akan dilakukan, jangan lupa untuk menambahkan waktu bermain anak di taman atau berenang di kolam renang hotel dan lain-lainnya.

3. Buat hitungan mundur

Beri anak gambaran visual berapa lama lagi sebelum kita akan menuju ke luar kota guna menghindari penghindaran konstan. Semakin sering dilakukan, anak akan semakin bersemangat menunggu hari itu tiba dan perjalanan akan terasa semakin mengasyikan!

(Baca juga : Bercinta Terasa Lebih Menyenangkan Saat Liburan)

4. Cobalah cita rasa masakan lokal

Memang, jika bepergian ke luar kota atau luar negeri, makanan yang cocok untuk anak-anak adalah makanan cepat saji, seperti KFC atau McDonald. Namun, bagaimana jika tempat-tempat tersebut sulit dijangkau saat sedang berada dalam perjalanan? Jika anak-anak rewel makan, mulailah mendorong anak untuk mencoba beberapa rasa dan hidangan khas dengan mengunjungi restoran terdekat yang menawarkan masakan itu, atau mencoba memasaknya bersama-sama sebagai sebuah keluarga.