Ternyata, Hepatitis D dan E Sering Menyerang Anak

By Saeful Imam, Senin, 5 Juni 2017 | 06:30 WIB
Kenali Jenis Hepatitis D dan E Pada Anak (Saeful Imam)

Nakita.id - Sekitar 80 % anak-anak yang terinfeksi virus hepatitis terjadi pada anak sebelum berusia satu tahun dan 30% - 40% anak-anak yang berusia di bawah enam tahun. Namun, beberapa jenis hepatitis dapat disembuhkan sepenuhnya dan kebanyakan dapat dicegah.

Apa itu Hepatitis?

Hepatitis mengacu pada keadaan inflamasi hati. Meskipun ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kerusakan hati dan hepatitis, infeksi virus adalah penyebab hepatitis yang paling umum. Sehubungan dengan orang dewasa, anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, yang membuatnya sangat rentan terhadap virus tersebut.

(Baca juga : Mengenal Hepatitis B Pada Anak)

Jenis Hepatitis Pada Anak

Ada lima jenis virus hepatitis: A, B, C, D dan E. Sementara hepatitis D dan E tidak begitu umum, orang dewasa dan anak-anak lebih sering terinfeksi hepatitis A, B atau C. Anak-anak bisa berisiko terserang penyakit yang satu ini, terlepas dari usianya. Nah, walaupun tidak umum menyerang anak, tapi hepatitis jenis D dan E juga berpotensi memberikan risiko. Maka, simaklah baik-baik faktanya di sini!

Hepatitis D

Hepatitis D atau HDV adalah penyakit yang menyerang organ hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). HDV adalah virus RNA yang menyerang tubuh dikombinasikan dengan HBV dan virus menjadi lebih kuat. Anak-anak yang mengalami infeksi hepatitis B kronis berisiko tertular HDV.

Gejala

Gejalanya mirip dengan Hepatitis B, yaitu :

(Baca juga : Mengenal Hepatitis C Pada Anak)

Penyebaran: