Ibu Bisa Melakukan Ini Jika Ayah Kurang Terlibat dalam Pengasuhan Anak

By Heni Wiradimaja, Selasa, 30 Mei 2017 | 04:15 WIB
Ibu perlu membantu agar Ayah ikut mengasuh anak (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Peran suami di dalam keluarga kini tidak hanya sebatas sebagai pencari nafkah. Ayah atau suami juga perlu dilibatkan mengasuh agar si kecil merasa dekat dengan ayahnya dan Ibu mendapat dukungan. Lalu, bagaimana jika ayah tak banyak berperan dalam pengasuhan anak?

Cara pertama yang perlu Ibu lakukan agar suami berperan dalam pengasuhan anak adalah mengkomunikasikannya dengan baik. Namun, Ibu perlu berkomunikasi secara tepat agar suami paham apa yang Ibu maksud.

Robin Kowalski, PhD., seorang psikolog dari Clemson University Amerika Serikat mengungkapkan saat berbicara pada suami bicaralah secara fokus, jangan melebar. “Sering kali perempuan cenderung emosional dalam mengungkapkan sesuatu sehingga tidak langsung fokus pada apa yang ingin disampaikan,” ujarnya.

Baca juga: Inilah Kelebihan Ayah dalam Mengasuh Anak

Komunikasi juga jangan berlangsung dengan nada seakan-akan mencela atau negatif. Ada baiknya bantu suami untuk memecahkan masalahnya. Siapa tahu memang suami memiliki kendala dalam keterlibatannya dengan pengasuhan anak, misalnya masih takut memegang bayi yang baru lahir atau merasa bingung harus melakukan kegiatan apa dengan anak.

Penulis buku sekaligus CEO The National Center of Fathering, Carey Casey membagikan trik lain untuk membantu ayah lebih terlihat dalam pengasuhan anak. “Sebagai seorang Ibu, perempuan bisa melihat bagian yang bisa ditangani oleh suami dalam pengasuhan anak,” ujarnya.

Baca juga: Kesalahan Mama yang bikin Papa enggan mengasuh anak

Misalnya suami adalah orang yang pintar main musik. Cobalah mengajak si kecil untuk bermain musik bersama dan melibatkan suami untuk mengajarkan hal tersebut padanya. Ibu juga bisa mengatur agar anak dan ayah setidaknya punya waktu berdua saja.

Carey juga menemukan banyak ibu yang tak percaya ketika ayah mencoba mengasuh. Agar ayah percaya diri, Ibu harus lebih pasrah membiarkan ayah mencoba mengasuh si kecil. Jika ada kesalahan misalnya, luangkan waktu sejenak untuk membicarakan hal tersebut dengan santai berdua suami.

Baca juga: Trik Agar Ayah Mau Mengasuh Anak

Meski suami terlihat main-main dan tak sesuai aturan saat mengasuh anak, Ibu perlu paham besarnya manfaat jika ia terlibat dalam pengasuhan anak. Dr. Gail Gross, Ph.D., Ed.D., M.Ed., ahli perilaku, pendidikan dan parenting mengungkapkan peran ayah sangat penting dalam membangun kecerdasan emosi anak.

Ayah yang terlibat dalam pengasuhan akan berkontribusi besar dalam perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial si kecil. Selain itu, prestasi akademis anak juga semakin baik bila ayah terlibat dalam perawatan dan pengasuhannya.