4 Kebaikan yang Didapat Anak Selama Bulan Puasa

By Heni Wiradimaja, Kamis, 1 Juni 2017 | 08:00 WIB
Ternyata ada banyak manfaat lain berpuasa untuk anak (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Ramadan tak hanya bagaimana bisa menahan haus dan lapar saat berpuasa, karena ada banyak hal baik yang bisa si kecil dapatkan selama bulan berpuasa. Inilah kebaikan itu:

1. Belajar menahan diri

Tidak hanya belajar menahan haus dan lapar, si kecil juga bisa Ibu ajarkan untuk menahan emosi. Ibu dan Ayah turut memainkan peran penting saat anak belajar mengatur emosinya. Lisa Firestone, Ph.D., seorang psikolog klinis mengungkapkan orangtua perlu tetap tenang ketika menghadapi anak yang belajar mengelola emosinya.

“Saat anak emosi, ia juga tidak paham apa yang terjadi pada dirinya. Justru ketika orangtua memberi contoh tetap tenang, hal ini akan membantu mereka bagaimana caranya menghadapi emosi yang dirasakan,” ujarnya.

Baca juga:Panduan Berbuka Puasa yang Sehat dan Tidak Bikin Gemuk

2. Melibatkan anak dalam berbagai tanggung jawab

Saat bulan puasa, Ibu bisa melibatkan si kecil dalam berbagai tugas di rumah. Misalnya, menyiapkan makanan buka puasa. Hal ini akan membantu si kecil untuk jadi lebih bertanggung jawab.

Deborah Gilboa, M.D., ahli parenting memberikan saran agar Ibu memercayakan sebuah tanggung jawab kepada anak. “Tak perlu membantu si kecil dalam melakukan pekerjaannya. Ibu justru perlu membiarkan anak melakukan tugasnya sendiri,” ujarnya. Ibu bisa meminta anak menyiapkan minuman untuk berbuka misalnya.

Baca juga: 3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Anak

3. Punya waktu bersama keluarga

Ibu perlu sadar bahwa gadget  kadang membuat komunikasi antara Ibu dan anak menjadi renggang. Dr. Sherry Turkle melakukan penelitian yang menujukkan bahwa anak-anak kehilangan waktu berkomunikasi dengan orangtua karena gangguan teknologi.

Selama Ramadan, alangkah baiknya jika Ibu dan Ayah lebih sering menciptakan waktu berkualitas bersama keluarga. Punya waktu yang berkualitas bersama keluarga akan mendorong anak menjadi lebih percaya diri serta berbagi kasih sayang dengan semua anggota keluarga.