Berapa Jumlah Gula yang Aman untuk Anak?

By Ida Rosdalina, Minggu, 4 Juni 2017 | 08:45 WIB
Berapa Jumlah Gula yang Aman untuk Anak? (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mengungkapkan fakta bahwa ketika anak-anak makan gula terlalu banyak, kerusakan akan lebih banyak terjadi daripada sekadar gigi berlubang. Kelebihan kadar gula dalam tubuh dikaitkan dengan hipertensi, kelainan lipid darah, diabetes, obesitas, dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Meskipun masalah yang disebabkan pola makan gula ini memengaruhi semua orang, dampak pada anak-anaklah yang paling mengkhawatirkan. Banyak makanan yang dipasarkan untuk anak-anak tampaknya mengandung banyak gula tambahan, dan komsumi gula harian rata-rata sangat tinggi pada anak-anak. Konsumsi gula berlebih merupakan penyebab utama obesitas pada anak-anak, dan kemungkinan juga sebagai penyebab dari diabetes tipe 2.

(Baca juga : Ini yang Bisa Terjadi Jika Anak Sering Makan Makanan Manis)

Rekomendasi dari Asosiasi Jantung Amerika (AHA)

Pada Agustus 2016, American Heart Association (AHA) menerbitkan sebuah pernyataan ilmiah berjudul “Added Sugars and Cardiovascular Disease Risk in Children.” Panel tersebut meninjau semua informasi ilmiah terkait efek gula tambahan pada anak-anak, dan dibuat rekomendasi perusahaan tentang berapa banyak gula tambahan yang dapat dikonsumsi anak-anak tanpa meningkatkan risiko kardiovaskular.

Panel ilmiah AHA merekomendasikan untuk tidak memberikan gula tambahan pada anak-anak di bawah usia dua tahun. Untuk anak-anak yang berusia dua tahun atau lebih, tambahan gula harus dibatasi kurang dari 25 gram per hari, sekitar enam sendok teh atau 100 kalori per hari. Tingkat kadar gula yang disarankan ini kurang dari sepertiga asupan rata-rata gula tambahan yang dikonsumsi anak-anak saat ini.

(Baca juga : Ini Cara Agar Anak Tidak Ngemil Makanan Manis)

Gula adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis karbohidrat yang memiliki rasa manis. Gula atau monosakarida, termasuk glukosa (juga disebut dekstrosa), fruktosa, dan galaktosa.

Sejak 1970an sirup jagung fruktosa tinggi sebagian besar menggantikan bentuk gula lainnya yang digunakan dalam makanan olahan, karena harganya murah untuk diproduksi. Sirup jagung fruktosa tinggi adalah pati jagung yang telah diproses untuk mengubah beberapa glukosa menjadi fruktosa. Fruktosa adalah monosakarida termanis, jadi sangat bernilai dalam pengolahan makanan.

Gula yang ditambahkan didefinisikan sebagai semua jenis gula yang ditambahkan sebagai bahan makanan olahan dan makanan cepat saji. Gula alami adalah gula yang terjadi secara alami sebagai komponen makanan yang melekat, seperti gula yang ditemukan pada buah, sayuran, dan produk susu. Saat kita makan gula alami, kita juga mendapatkan banyak nutrisi yang dibutuhkan seumur hidup.

Sementara, gula yang ditambahkan hanya kalori ekstra yang mungkin membuat makanan lebih enak, namun tidak memberikan nilai gizi tambahan. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa kelebihan konsumsi glukosa menyebabkan obesitas, dan kelebihan konsumsi fruktosa menyebabkan risiko aterosklerosis lebih tinggi.

(Baca juga : Manis, Pahit, Pedas. Kenalkan Anak dengan Aneka Rasa Makanan)