5 Tip Mendapatkan Rambut Cantik Secara Alami Setelah Melahirkan Bayi

By Ida Rosdalina, Rabu, 7 Juni 2017 | 05:15 WIB
5 Tip Mendapatkan Rambut Cantik Secara Alami Setelah Melahirkan Bayi (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Memiliki bayi adalah waktu yang sangat membahagiakan dan berharga, tapi juga bisa membuat Ibu sangat stres. Beberapa ibu bahkan kehilangan lebih banyak rambut akibat rontok setelah melahirkan daripada biasanya.

Tingkat hormon estrogen menurun setelah Ibu melahirkan, yang berarti folikel rambut memasuki fase istirahat daripada fase pertumbuhan. Meningkatnya tingkat stres juga bisa menyebabkan rambut rontok atau pertumbuhannya yang lebih lambat. Berikut adalah beberapa tip agar rambut sehat kembali setelah melahirkan bayi baru.

(Baca juga : Jumlah Rambut Rontok yang Harus Diwaspadai)

1. Perhatikan Diet Makanan

Banyak ibu baru begitu sibuk mengurus bayi baru sepanjang waktu, sehingga mereka mengabaikan kesehatan diri sendiri. Kurangnya nutrisi penting termasuk protein secara signifikan dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau menyebabkan rambut rontok.

Rambut terbuat dari keratin dan membutuhkan protein agar bisa tumbuh. Pastikan asupan zat besi kita tercukupi, karena zat besi merupakan penyebab utama rambut rontok pada banyak perempuan. Tingkatkan asupan protein dengan menambahkan ikan, steak, ayam, dan telur ke dalam menu makanan Ibu. Jika Ibu seorang vegetarian, pilihlah yoghurt Yunani, bayam, dan kacang polong sebagai alternatif.

2. Tingkatkan Asupan Vitamin

Vitamin C telah terbukti mempengaruhi pertumbuhan rambut. Makanan kaya vitamin C, yang juga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi, seperti lemon, bayam dan brokoli.

(Baca juga : Penyebab Rambut Rontok Pada Ibu Hamil)

Vitamin penting lainnya untuk pertumbuhan rambut adalah Biotin, bentuk vitamin B yang larut dalam air yang membantu rambut tumbuh lebih lama dan lebih cepat. Makanan kaya biotin ialah telur, buah beri, dan kacang-kacangan. Biotin juga tersedia sebagai suplemen tubuh.

3. Kurangi Tingkat Stres

Tingkat stres secara alami meningkat setelah Ibu melahirkan bayi baru. Ibu sangat berisiko karena ia cenderung menjadi pengasuh utama. Stres telah terbukti mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Pastikan Ibu meluangkan waktu di siang hari untuk diri sendiri agar bisa bermeditasi, berjalan-jalan, atau berolahraga. Meluangkan waktu untuk diri sendiri tidak hanya bagus untuk rambut, tapi juga penting untuk kesehatan jangka panjang.