Kebiasaan Buruk yang Membuat Wajah Tak Terlihat Cantik Selama Kehamilan

By Heni Wiradimaja, Kamis, 8 Juni 2017 | 03:30 WIB
Agar wajah cantik selama hamil ada kebiasaan buruk yang perlu dihindari (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Banyak yang merasa menjadi lebih cantik saat hamil, namun tak jarang banyak yang merasa wajah jadi tak bersinar selama hamil. Tentu saja ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan agar wajah terlihat bersinar dan tetap cantik selama kehamilan.

Salah satunya adalah kebiasaan buruk yang kerap dilakukan selama hamil. Kebiasaan buruk ini dapat merusak kulit wajah terutama saat hamil.

Baca juga; Masalah Kulit Pada Mama Hamil

1.Tidak rajin membersihkan wajah

Perubahan hormon bisa menjadi salah satu penyebab wajah mengalami kerusakan seperti muncul jerawat ataupun kulit berminyak selama kehamilan. Jika terjadi akibat perubahan hormon, Ibu bisa mencegah terjadinya kerusakan wajah.

Salah satu caranya yang mudah adalah dengan membersihkan wajah. April Armstrong, MD, seorang asisten profesor dermatologi dari University of California mengungkapkan solusi yang mudah, yakni membersihkan wajah terutama setelah terpapar udara kotor. “Selain itu, jangan gunakan pembersih yang terlalu keras karena justru meningkatkan produksi minyak,” ujarnya.

Baca juga: 5 Jenis Perawatan Kulit Yang Aman Bagi Ibu Hamil

2. Mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi

Makanan seperti daging olahan, junk food maupun makanan yang gurih dan asin sebaiknya dihindari. Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, daftar makanan tadi juga memiliki dampak bagi kulit saat hamil.

Neal B. Shultz, seorang dermatolog dari New York mengungkapkan garam memiliki sifat yang menahan air sehingga berdampak buruk pada aliran darah di seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan kurangnya nutrisi pada kulit sehingga menjadi kering dan kurang merona.

3. Kurang tidur

Susah tidur menjadi salah satu gangguan yang kerap terjadi sepanjang kehamilan. Dampaknya, Ibu jadi kurang tidur sehingga kesehatan kulit juga kena imbasnya. Rebecca S. Robbins., M.D, Ph.D., peneliti di Cornell University mengungkapkan, tidur merupakan perawatan penting bagi kulit.