Panduan Sarapan Tepat untuk Ibu Hamil Muda Agar Kehamilan Sehat

By Heni Wiradimaja, Senin, 12 Juni 2017 | 17:00 WIB
Sarapan untuk ibu hamil muda yang tepat akan membantu kehamilan sehat (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Meski sering terburu-buru atau tidak berselera makan di pagi hari, sarapan penting untuk dilakukan. Berbagai penelitian telah menunjukkan betapa pentingnya waktu sarapan, termasuk untuk Ibu hamil. Sarapan mungkin jadi hal yang sulit untuk dilakukan mengingat morning sickness yang melanda.

Rasa mual dan muntah yang datang mungkin membuat Ibu kesulitan menerima asupan pada sarapan pagi. Namun, sarapan membawa berbagai manfaat bagi untuk Ibu hamil. Teresa Boyce, seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa sarapan akan memberikan energi sepanjang hari.

Saat hamil muda, Ibu mungkin mengalami kelelahan karena perubahan fisik dan hormon. Saapan akan membantu mengisi energi sepanjang hari. “Kita juga perlu memilih nutrisi seperti apa yang tepat untuk sarapan misalnya meningkatkan asupan serat dan protein di pagi hari,” ujarnya.

Baca juga: Ibu Hamil Susah Makan, Apa Kabar dengan Janin?

Ibu hamil yang melewatkan sarapan juga mungkin berdampak buruk bagi janin. Prof. Dr. Hardinsyah, MS Guru Besar Ilmu Gizi dari IPB mengungkapkan jika tidak sarapan, jeda makan menjadi panjang.

“Hal ini bisa berdampak pada janin yang sedang berkembang karena janin bergantung pada nutrisi yang diperoleh oleh makanan Ibu hamil,” ujarnya dalam tabloid Nakita Edisi 882. Maka, pastikan bahwa sarapan pagi yang dikonsumsi terdiri atas karbohidrat, lauk pauk, sayur dan minuman.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Porsi makan sarapan pagi harus memenuhi 15-30% dari kebutuhan makan sehari.  Bagaimana jika merasa mual dan muntah? Ibu cukup perbanyak istirahat dan relaksasi untuk mengurangi rasa mual tadi.

Ibu juga bisa membagi sarapan ke dalam beberapa porsi yang lebih kecil  agar  bisa tertelan tanpa memancing rasa mual. Ibu juga bisa memilih jenis makanan lain misalnya susu, potongan buah, atau bubur gandum sebagai menu sarapan. Setelah itu baru mengonsumsi makanan yang lebih berat. Cara ini bisa mengurangi rasa mual dan ingin muntah.

Baca juga: Ibu, Ini Makanan Wajib Agar Kehamilan Sehat di Trimester Pertama

Sebaiknya, pilih makanan yang mengandung zat besi, kalsium, vitamin B6, B9 dan B12. Seluruh nutrisi tadi sangat baik untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah selain menambah energi pada Ibu hamil.