Ini Dia Susu Terbaik Si Kecil, ASI Tidak Mutlak Untuk Anak Ini

By Gazali Solahuddin, Rabu, 21 Maret 2018 | 20:51 WIB
Berikan susu pada si kecil di waktu-waktu terbaik ()

Nakita.id - Menurut papar Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan MS., guru besar Ilmu Pangan dan Gizi, Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, IPB yang banyak menyoroti masalah susu, saat 0 hari hingga 6 bulan, susu terbaik untuk anak adalah ASI.

BACA JUGA: Menyimpan Obat Harus Tepat, Salah Bisa Menjadi Racun!

Alasannya karena ASI yang keluar beberapa saat setelah persalinan sampai kurang lebih 4 hari kemudian atau disebut kolostrum, mengandung zat kekebalan, terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.

BACA JUGA: 4 Kebiasaan Ini Kerap Dianggap Sehat Padahal Berbahaya, Apa Saja?

Selain itu, protein ASI lebih mudah diserap karena kandungan whey-nya lebih tinggi ketimbang casein-nya.

Berbeda dari susu sapi yang justru kandungan casein-nya lebih tinggi, sehingga tak mudah diserap.

Komposisi ASI juga terdiri atas zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan kecerdasan bayi/anak.

BACA JUGA: Stop Gula 4 Manfaat ini yang Akan Dirasakan, No 3 Tak Disangka!

Lebih dari itu, dengan bayi menyusu ASI, ada pengaruh kontak langsung ibu bayi (skin to skin contact) yang akan menumbuhkan ikatan kuat antara ibu dan anak.

Interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem saraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Maka, berikanlah khusus ASI (eksklusif) selama 6 bulan pertama dan diteruskan bersama-sama makanan tambahan hingga 2 tahun.

Susu Bubuk atau Cair?