5 Tip Anak Bermain Aman di Kolam Renang Selama Musim Liburan

By Ida Rosdalina, Selasa, 20 Juni 2017 | 04:30 WIB
5 Tip Anak Bermain Aman di Kolam Renang Selama Musim Liburan (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Liburan tiba! Berbagai persiapan menjelang lebaran, salah satunya destinasi liburan sudah di depan mata. Bila Ibu merencanakan liburan keluarga dengan bermain air di kolam renang, ada 5 tip aman bagi anak-anak yang senang bermain air, terutama di kolam renang.

1. Belajar berenang dulu 

Hal pertama yang mungkin ingin Ibu pertimbangkan saat menyiapkan anak-anak berlibur adalah les berenang. Tenggelam adalah kekhawatiran banyak orang tua, yang merupakan penyebab utama kematian akibat cedera yang tidak disengaja bagi anak-anak usia 3 sampai 6 tahun.

Keamanan anak bermain di dalam air sangatlah penting, dan ada beberapa pilihan untuk anak mengikuti les berenang, misalnya di kolam renang komplek perumahan Ibu. Keterampilan ini sangat penting untuk membantu mencegah anak tenggelam daripada anak harus mengalami pengembangan stroke.

(Baca juga : Pameran Travel, dari Spesialis Liburan ke Jepang hingga Moslem Vacation)

2. Awasi sepanjang waktu

Ketika anak-anak menuju kolam renang, pastikan telah memoles tabir surya di tubuh mereka dan ingatkan untuk tidak berlari. Faktor keamanan paling penting di kolam renang adalah pengawasan. Jika tak ada regu penyelamat, setidaknya ada satu orang deasa yang ditugaskan sebagai “pengawas air” yang selalu mengamati anak-anak. 

Seseorang dengan CPR / pengetahuan pertolongan pertama juga penting dalam kasus keadaan darurat. Pelatihan dapat diperoleh melalui kelas di rumah sakit setempat, atau melalui Palang Merah, untuk memberi beberapa pilihan.

3. Tugaskan seorang penjaga di dekat kolam renang

Mempekerjakan penjaga kolam dapat menambah lapisan keselamatan. Banyak anak tahu cara berenang, yang cenderung membuat orang tua tidak memperhatikan sedekat mungkin. Sementara, keadaan darurat di kolam renang bisa terjadi dalam sekejap mata. Pengawasan yang ketat adalah kunci, tapi pelajaran berenang dan keselamatan air harus dimulai sejak usia muda.

(Baca juga : Kiat Ampuh Agar Anak Tertidur Nyenyak Selama Liburan)

4. Kenali fakta tentang perangkat apung