7 Hal yang Mengganggu yang Dilakukan Bayi Saat Menyusu

By Ida Rosdalina, Rabu, 21 Juni 2017 | 08:15 WIB
4 Fakta Ketika Menyusui Butuh Pengorbanan Besar (Dini)

Nakita.id - Seorang ibu pasti sangat suka menyusui. Ibu pasti menikmati melihat pipinya yang mulai tembam, melihat ia tertidur nyenyak di lengan Ibu. Namun, menyusui sekaligus juga momen-momen yang mengganggu karena seiring pertambahan usia, si kecil mulai banyak tingkah. Ia bisa saja menjambak rambut Ibu, kadang-kadang menyemburkan kembali ASI yang telah diminumnya. Berikut tujuh hal menyebalkan yang dilakukan bayi ketika menyusu:

# 1: Tertawa Terlalu Keras Bayi Disusui

Ada bayi yang punya kebiasaan tertawa dengan penuh kegembiraan. Ia juga sering tertawa kencang saat Ibu akan menyusuinya. Ketika Ibu membaringkan tubuh di sebelahnya, tiba-tiba bayi mulai memainkan puting Ibu.

(Baca juga : 6 Tip Menghadapi Perubahan Perilaku Bayi Usia 4 Bulan)

Lalu, ketika Ibu menyodorkan payudara ke arahnya, ia kemudian tertawa keras. Mungkin ini awalnya sangat lucu dan menggemaskan, bahkan bagi semua orang yang mendengar gelak tawanya. Namun, saat itu pula Ibu merasa risih karena semua mata tertuju pada Ibu yang saat itu sedang menyusui bayi. Sehingga, Ibu perlu mencari tempat khusus yang jauh dari keramaian supaya bisa memberi makan untuknya.

# 2: Bayi yang Menggigit Payudara Ibu

Kedua gigi kecil yang baru dimiliki bayi tampaknya tidak berbahaya tapi, percayalah, gigi bayi rasanya tajam ketika ia menggigit payudara, pasti akan terasa menyakitkan. Terlalu sering menggigit juga membuat payudara Ibu berisiko infeksi.

# 3: Bayi Menendang Saat Akan Disusui di Malam Hari

Waktu tidur seharusnya merupakan saat yang paling menenangkan di mana kita bisa membacakan cerita dan berpelukan atau memandikan bayi dengan penuh cinta. Tapi, saat Ibu berbaring di sampingnya, kepalanya disandarkan pada lekuk lengan, untuk memudahkan Ibu memberinya makan. Tapi bukannya tertidur, justru bayi sering menendang cukup keras saat akan disusui.

Baca juga : 6 Hal Unik yang Normal Dilakukan Bayi)

# 4: Menyusu Payudara Ibu Secara Bergantian

Satu mulut, satu puting susu. Ketika tangan kecilnya mendekat ke dada Ibu dan berbaring dengan lembut untuk menempel payudara, kadang bayi akan dengan cepat menarik sisi payudara lainnya dengan alasan-alasan tertentu.