Sampai Usia Berapa Anak Boleh Melihat Kedua Orangtuanya Telanjang?

By Ida Rosdalina, Rabu, 21 Juni 2017 | 09:15 WIB
Berapa Usia Ideal Anak Bisa Melihat Kedua Orangtuanya Telanjang? (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Ketika anak masih bayi, orang tua tidak berpikir dua kali untuk mengganti pakaian di depannya, terutama jika ia masih disusui saat itu atau Ibu tidak merasa ada yang salah mandi bersama dengan si kecil di dalam bak mandi.

Tapi, ketika anak sudah mulai berbicara, dengan bisa mengajukan pertanyaan dan umumnya lebih jeli terhadap segala hal di sekitarnya, Ibu mungkin mulai bertanya-tanya apakah Ibu harus berhenti tanpa menggunakan busana saat berada di ruangan yang sama dengan anak?

Efek pada anak-anak yang terpapar ketelanjangan orang tua

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa membiarkan anak melihat orang tua telanjang adalah tidak senonoh dan mungkin dianggap sebagai pelecehan seksual. Namun, sebuah studi yang berlangsung selama 18 tahun tentang “Early Childhood Exposure to Parental Nudity and Scenes of Parental Sexuality” menunjukkan bahwa tidak ada efek negatif jangka panjang pada anak-anak yang secara teratur melihat ketelanjangan orang tua sebelum usianya mencapai enam tahun.

(Baca juga : Waspada, Ini Efek Pada Otak Saat Melihat Foto Telanjang)

Tetapi, penelitian ini juga menunjukkan bahwa jika anak-anak usia dini terpapar adegan seksualitas orang tua mereka, maka anak laki-laki lebih cenderung berisiko terkena infeksi PMS atau menghamili seseorang selama masa remaja; Sedangkan anak perempuan lebih cenderung berisiko tertular PMS atau secara tidak sengaja hamil pada usia remaja.

Di sisi lain, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa anak-anak yang lebih tua dan yang masih terpapar ketelanjangan orangtua antara usia 6 sampai 11 tahun menunjukkan sikap permisif tentang seks dan lebih cenderung terlibat dalam hubungan seksual yang kasual.

Hasil dari penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa anak laki-laki yang berusia tiga sampai lima tahun yang secara teratur melihat orangtua mereka telanjang sebenarnya memiliki citra diri yang lebih positif tentang tubuh mereka.

Jadi adakah usia yang pasti?

Sebenarnya, tidak ada usia tertentu saat Ibu harus berhenti memamerkan dada telanjang di depan anak-anak atau mandi bersama anak. Dr Monica Wonnacott, dokter anak di Granger Medical Clinic Riverton (AS), mengemukakan bahwa ini bisa terjadi pada saat anak berusia sekitar tiga tahun, namun ada beberapa faktor yang akan menentukan kapan ketelanjangan orangtua perlu berakhir di rumah.

(Baca juga : Jangan Posting 8 Foto Ini di Media Sosial)

Faktor-faktor yang dimaksud ialah: