Pola Makan yang Membuat Ibu Susah Menghilangkan Lemak di Perut

By Heni Wiradimaja, Jumat, 7 Juli 2017 | 06:00 WIB
Menghilangkan lemak di perut bisa dilakukan asalkan menghindari hal berikut (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Duh kok perut masih saja buncit, sih? Menghilangkan lemak di perut memang pekerjaan yang cukup sulit. Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan Ibu susah menghilangkan lemak di perut.

Baca juga: Cegah Lemak Perut Sehabis Melahirkan dengan Probiotik

Hindari beberapa kebiasaan salah berikut ini jika ingin lemak di perut menyusut.

1.Tidak makan lemak sama sekali

Salah satu penyebab bertumpuknya lemak di perut adalah terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh yang merugikan kesehatan ini banyak terdapat pada makanan yang digoreng atau dimasak dengan minyak panas dan banyak. Selain itu, kue-kue yang menggunakan banyak margarin dan krim juga merupakan sumber lemak jenuh atau lemak jahat.

Lemak sendiri harus selalu ada dalam menu makanan kita sehari-hari, tetapi yang dimaksud tentu saja lemak sehat yaitu lemak tidak jenuh. David Katz, MD, Direktur Yale Prevention Research Center, AS mengungkapkan jika tidak mendapatkan asupan lemak baik, kita justru cenderung  mengonsumsi makanan yang berlemak jahat.

Lemak omega-3 dan 6 adalah contoh lemak sehat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Ikan, kacang-kacangan, dan avokad/alpukat adalah sumber omega-3 dan 6 yang kaya. Porsi yang pas akan membuat asupan lemak terpenuhi sehingga tubuh tidak memberi sinyal kekurangan lemak yang berakhir dengan keinginan mengonsumsi gorengan dan kue-kue.

Baca juga: Ini Kunci Sukses Menghilangkan Lemak di Perut

2. Membiarkan diri larut dalam tekanan dan depresi 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rush University, AS mengungkapkan perempuan dengan gejala depresi lebih mungkin memiliki lemak perut. Menurut studi ini, lemak perut akibat depresi terkait dengan kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang buruk.

Maka, usahakan untuk tetap melakukan aktivitas dengan bahagia. Hal ini ternyata berpengaruh pada metabolisme lemak. Mencari teman untuk berolahraga jadi salah satu cara untuk hidup aktif dan beraktivitas dengan menyenangkan.

Baca juga: 5 Tanda Mama Menyimpan Lemak Perut