Pilih Duduk Dekat Jendela Saat Naik Pesawat, Ini Alasan Medisnya!

By Finna Prima Handayani, Senin, 2 April 2018 | 21:10 WIB
Perhatikan kesehatan tubuh saat melakukan perjalanan udara (pexels.com)

Nakita.id – Dari berbagai transportasi yang ada, transportasi udara merupakan salah satu yang sering dipilih dan digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan.

Sebab, dengan menggunakan jalur udara, kita dapat menempuh tujuan dengan waktu yang lebih cepat dibanding dengan menggunakan jenis transportasi lainnya.

Namun, ternyata berpergian dengan menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang dapat berdampak pada menurunnya kesehatan tubuh, apalagi jika Moms sering melakukan hal tersebut.

Beberapa efek pada tubuh langsung terlihat  setelah penerbangan panjang, sementara yang lainnya dapat dirasakan secara bertahap.

BACA JUGA : Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Sebelum Naik Pesawat

Tetapi Moms tidak perlu khawatir, karena Moms dapat mencegah penyakit akibat sering melakukan perjalanan udara dengan beberapa cara.

Dimulai dengan memilih kursi pesawat yang berada dekat di jendela, sebab menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di National Academy of Sciences, duduk di dekat jendela memiliki risiko paling sedikit sakit, dibandingkan dengan tempat duduk di lorong dan kursi tengah, posisi ini memastikan penumpang paling mungkin bersentuhan dengan orang sakit lainnya di kabin.

Selain itu, sebaiknya Moms selalu menyediakan cairan pembersih tangan, sebab kuman yang tidak terlihat bersembunyi di setiap bagian pesawat, seperti sabuk pengaman di kursi.

Sebuah penelitian tentang TravelMath mengungkapkan jika meja-meja baki lebih banyak terdapat kuman dan bakteri dibandingkan toilet.

BACA JUGA : Tak Banyak yang Sadar, Udara Di Kabin Pesawat Nyatanya Berisiko untuk Kesehatan

“Saya merekomendasikan membawa gel pembersih dengan alkhohol 60%,” ujar Dr. Mark Gendreau dari Lahey Hospital and Medical Center.

Selanjutnya jika Moms mulai merasa lelah saat di perjalanan, Moms dapat melakukan gerakkan tubuh, hal itu pun bermanfaat untuk meningkatkan aliran tubuh.