Daftar Masalah Kulit yang Umum Terjadi di Akhir Kehamilan

By Saeful Imam, Selasa, 4 Juli 2017 | 05:30 WIB
Kurangi Perubahan Kulit pada Ibu Hamil (Gisela Niken)

Nakita.id – Banyak perubahan fisik yang terjadi pada Ibu hamil, tak terkecuali bagian kulit. Pertumbuhan janin yang semakin besar membuat Ibu akan mengalami perubahan kulit terutama menjelang akhir kehamilan. Berikut berbagai masalah kulit saat hamil yang umum terjadi.

Baca juga: Kulit Berjerawat, Stretch Marks, dan Jadi Hitam Saat Hamil, Begini Mengatasinya 

1. Varises

Varises merupakan kondisi vena yang membesar dan membuat kulit terlihat seperti ada warna merah atau biru. Varises lebih mungkin terjadi pada perempuan dibanding laki-laki dan akan lebih rentan muncul ketika kehamilan. Kenapa ya?

Menurut Martha Muray, M.D., dari Boston Children’s Hospital, varises umumnya terjadi di akhir kehamilan karena hormon menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga membawa lebih banyak darah. Rahim yang terus berkembang juga memberi tekanan pada vena yang membawa darah dari kaki ke jantung dan begitu pula sebaliknya.

Ada cara mudah yang bisa Ibu lakukan untuk mencegahnya seperti, tidak duduk dengan kaki bersilang atau berdiri dengan waktu yang lama. Tetap berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat menjaga sirkulasi darah tetap sehat.

Baca juga: 5 Jenis Perawatan Kulit Yang Aman Bagi Ibu Hamil 

2. Ruam

Ternyata, Ibu hamil juga dapat berpotensi mengalami ruam dan gatal-gatal di sekitar perut. Biasanya ruam diikuti dengan stretch mark. Ruam juga bisa muncul di bagian paha, pantat atau lengan. Gatal juga bisa menjadi parah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Penyebab ruam sendiri belum diketahui pasti. Perubahan hormon menjadi hal yang diyakini sebagai penyebab ruam. Meski begitu Ibu tak perlu khawatir sebab ruam biasanya akan menghilang setelah melahirkan. Untuk mengatasinya, Ibu bisa mengompres bagian ruam dengan air dingin serta menggunakan bahan pakaian yang lembut. Gunakan gel lidah buaya setelah mandi.

Baca juga: Agar Kulit Tidak Hitam dan Kusam Saat Hamil

3. Stretch mark