Langkah-langkah Menyembuhkan Cegukan Pada Bayi

By Ida Rosdalina, Senin, 10 Juli 2017 | 09:00 WIB
Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Cegukan bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan cepat pita suara. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan. Karena cegukan dirasa mengganggu dan Ibu khawatir jika dibiarkan begitu saja, ada langkah-langkah menyembuhkan cegukan bayi :

1. Istirahat dan bersendawa

Ambil waktu istirahat setelah makan untuk menyendawakan bayi, guna menyingkirkan cegukan. Bersendawa bisa menghindari kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan.

Bersendawa juga akan membantu bayi pada posisi tubuh tegak. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk memberi makan bayi yang diberi makan botol setiap 57 sampai 85 gram sehari. Jika bayi disusui, Ibu harus menyendawakan bayi setelah selesai makan.

Tip menyendawakan bayi:

Gosok atau tepuk lembut punggung bayi saat ia mengalami cegukan. Jangan menyentuh area ini secara kasar atau dengan terlalu banyak kekuatan.

(Baca juga : Cara Mudah Menghentikan Cegukan Pada Bayi)

2. Gunakan dot

Cegukan bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Saat bayi mulai cegukan sendiri, coba biarkan anak mengisap empeng, karena ini akan membantu mengendurkan diafragma dan juga membantu menghentikan serangan cegukan.

3. Biarkan cegukan berhenti sendiri

Cegukan bayi akan berhenti dengan sendirinya. Jika Ibu tidak merasa terganggu dengan suaranya, biarkannya cegukan berhenti sendiri. Bila cegukan bayi tidak berhenti sendiri, temui dokter anak. Meski jarang terjadi, cegukan menjadi pertanda adanya masalah medis yang lebih serius.

(Baca juga : Biarkan Cegukan Berhenti Sendiri)