Begini Rahasia Persalinan Lancar dari Mama Atiqah Hasiholan yang Perlu Dicoba

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 7 Juli 2017 | 05:45 WIB
Atiqah Hasiholan berbagi cerita tentang persalinan yang lancar (Santi Hartono)

Nakita.id – Kabar bahagia datang dari pasangan selebriti Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto. Pada Jumat, (23/06) silam, Mama Atiqah melahirkan seorang anak perempuan yang diberi nama Salma Jihane Putri Dewanto.

Kebahagiaan pasangan ini tak henti-hentinya terlihat dari akun instagram pribadi mereka. Mama Atiqah Hasiholan sempat membagikan momen bersama sang Ibu menjelang waktu melahirkan. Dalam momen tersebut, ia juga berbagi kisah tentang cara yang ia lakukan agar persalinan lancar dan mudah.

“Saya tidak pernah menyangka betapa berartinya kehadiran seorang Ibu pada saat persalinan. Ibu saya hadir pada saat bukaan 4-5. Dalam pelukan Ibu saya berusaha mengontrol dan menahan rasa sakit,” ujarnya dalam keterangan foto yang diunggah di instagram.

Dalam foto tersebut, Mama Atiqah meyakini bahwa dukungan sang Ibu mempermudah proses persalinan yang ia lewati. Kelly Winder, seorang doula di Melbourne, Australia mengungkapkan faktor penting dari persalinan normal dan lancar adalah dukungan dari keluarga.

Baca juga: Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

“Persalinan normal rata-rata membutuhkan waktu panjang dan juga tenaga yang cukup banyak. Jadi pastikan kita memiliki orang-orang seperti keluarga di sekitar kita agar mendapatkan energi positif untuk berjuang mempertahankan persalinan secara normal,” ujarnya.

Maria Lorillo, LM, seorang bidan bersertifikat di San Fransisco juga menambahkan bahwa persalinan normal dan lancar juga didukung dari lingkungan di sekitar rumah sakit. Artinya, Ibu perlu memastikan bahwa rumah sakit serta tenaga kesehatan yang dipilih adalah yang benar-benar dipercaya sehingga tak menimbulkan keraguan.

Baca juga: 3 Kebiasaan Agar Melahirkan Lancar dan Cepat

Selain menyiapkan diri dengan latihan fisik maupun makanan yang dikonsumsi, psikologis seorang Ibu yang melahirkan juga tak boleh luput dari perhatian. Ibu perlu menjauhkan diri dari stres atau kekhawatiran yang berlebihan jelang melahirkan.

Sebuah studi yang dilakukan di Touch Research Institute di University of Miami School of Medicine mengungkapkan perempuan yang mendapatkan perhatian seperti dipijat oleh pasangan cenderung tidak terlalu merasakan sakit dan cemas saat melahirkan daripada mereka yang tidak.

Baca juga: Tips Melahirkan dengan Mudah dan Lancar 

Menurut studi, pijatan atau tekanan lembut akan merangsang daerah yang sakit dan melunakkan pesan nyeri ke otak. Kenyamanan Ibu juga menjadi kunci agar persalinan lancar. Tak lupa dukungan dari orang terdekat akan membantu Ibu siap menghadapi persalinan. (*)