Ini Tanda Kecerdasan Anak yang Terlihat Sejak Usia Dini

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 12 Juli 2017 | 01:15 WIB
Tanda anak cerdas sejak usia dini bisa Ibu lihat agar stimulasinya tepat (Saeful Imam)

Nakita.id – Siapa yang tak mau punya anak yang cerdas? Tanda-tanda kecerdasan anak bisa dilihat sejak usia dini dengan melihat dari cara si kecil melihat dunia sekitarnya. Berikut tanda-tanda kecerdasannya.

Baca juga: Benarkah Anak Nakal Tandanya Cerdas? 

Pandai berbicara

Salah satu kecerdasan yang dimiliki seseorang adalah kecerdasan bahasa. Jenis kecerdasan ini yang cukup mudah untuk dilihat. David Palmer, Ph.D., seorang konsultan pendidikan di California mengungkapkan anak yang memiliki kosa kata yang banyak merupakan anak cerdas karena mampu menangkap hal di sekitarnya lebih baik.

Anak yang cerdas juga kerap bertanya mengenai apa yang mereka lihat dan dengar. Mereka akan terus bertanya hingga mereka mendapatkan jawaban yang memuaskan. Hal ini menandakan bahwa otaknya sedang berkembang sambil menerima informasi.

Baca juga: Mam, kalau ingin tahu kepintaran apa yang menonjol pada si Kecil, manfaatkan alat ukur Smart Strength Finder yang akan ditemukan setelah mengisi registrasi Parenting Club. Jika registrasi berhasil,  Mam akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp50.000,-. 

 

Mudah mengingat

Menurut para ahli di New Kid’S Center mengungkapkan anak cerdas memiliki memori yang baik. Memori anak yang baik akan membuatnya mampu mengingat kejadian di masa lalu misalnya tempat mainan tersembunyi atau mengenali wajah dan lokasi yang pernah mereka ketahui. Ingatan yang baik ini merupakan keterampilan yang berguna sampai kapanpun.

Tidak bisa diam

 Kecerdasan anak tidak hanya dilihat dari bagaimana kemampuan ia membaca atau menulis. Menurut Horward Gardner, pakar perkembangan anak, salah satu kecerdasan yang mungkin dimiliki anak adalah kecerdasan kinestetik.

Baca juga: Anak Yang Tak Bisa Diam Umumnya Tergolong Body Smart

Penelitian yang dilakukan oleh University of Eastern, Finlandia menemukan siswa yang aktif di kegiatan kinestetik seperti atletik ternyata memiliki kemampuan membaca dan matematika lebih baik. Jadi, Ibu tak perlu memarahi anak terus jika ia tidak bisa diam.