Ini Pentingnya Mengetahui Produk Kecantikan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 13 Juli 2017 | 02:30 WIB
Meski sedang hamil, merawat kulit tetap jadi keharusan. Tapi, karena kondisi hamil adalah kondisi istimewa maka pengetahuan mengenai jenis produk perawatan kulit yang aman untuk janin, mutlak perlu. (Santi Hartono)

Nakita.id.-  Sebagian besar ibu hamil pasti sudah paham apa yang mereka pakai atau konsumsi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil dalam kandungan. Rata- rata ibu hamil tahu bahwa protein dan AA-DHA, misal, penting untuk pembentukan tubuh dan otak bayi. Tapi tak semua ibu hamil paham bahwa apa yang dipakai di kulit juga dapat berpengaruh terhadap kehamilan.

Baca juga: Kosmetik Aman Untuk Ibu Hamil

Meski sedang hamil, merawat kulit tetap jadi keharusan. Tapi, karena kondisi hamil adalah kondisi istimewa maka pengetahuan mengenai jenis produk perawatan kulit yang aman untuk janin, mutlak perlu.

"Apa pun yang Ibu konsumsi, entah itu lewat mulut atau melalui kontak kulit, akan berpengaruh tidak hanya bagi kesehatan si ibu, tapi juga janin yang masih ringkih dalam kandungan, karena beberapa bahan dasar produk perawatan dapat terserap oleh aliran darah hingga ke rahim," papar dr. Nenden L. S. Prabu, SpKK  dari Klinik Estetika & Antiaging dr. Nenden di Bintaro, Tangerang seperti yang dikutip dari Tabloid Nakita 845.

Baca juga: Perawatan Kecantikan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Untuk mengetahui produk-produk yang aman bagi ibu hamil, berikut panduan yang diberikan Nenden;

* Pelembap Tinted moisturizer adalah produk alas bedak sekaligus pelembap. Teksturnya ringan dan kurang bertahan lama di wajah namun cukup aman untuk ibu hamil. Situs Total Beauty memberi rekomendasi merk Juice Beauty SPF 30 Tinted Moisturizer, karena selain melembapkan juga melindungi dari bahaya UV. Gunakan tipis saja, bantu dengan pemakaian topi lebar dan sunglasses agar  ibu hamil tidak terlalu bergantung pada produk.

* Tabir Surya Pilih yang memiliki kandungan zink oksida (zinc oxyde)  dan titanium yang tidak menembus kulit, namun dapat menyaring sinar ultraviolet. Merk Badger Sunblock for Face and Body bisa jadi pilihan karena komposisinya dari bahan natural dan teksturnya juga ringan bila dibandingkan dengan produk sejenisnya.

* Pelembap & Pemulas Bibir Situs Smart Mommy Healthy Baby menyarankan produk Burt’s Bee. Merk ini menyediakan produk bibir, seperti lip balm, lip shimmer, dan lip gloss. Semua kosmetik bibir Burt’s Bee adalah natural, juga tidak mengandung paraben, petrochemical, atau bahan sintetik lainnya.

* Bedak Merk Pürminerals seperti yang direkomendasikan situs Smart Parenting dapat jadi pilihan karena produk-produknya bebas paraben, SLS, lanolin, mineral oil, petrolatum, DEA, formaldehyde, dan hydroquinone.

* Anti-stretch Mark Biasanya muncul pada usia kehamilan 4—5 bulan. Pilih produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau AHA yang fungsinya sama dengan kebanyakan exfoliant, yaitu melenyapkan kulit yang mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru.

Jangan membeli produk kecantikan di tempat yang tidak terjamin kualitas produknya. Begitu juga bila ibu hamil belanja di toko online, harus memastikan dengan benar bahwa produk yang ingin dibelinya aman untuk ibu hamil.  Banyaknya produk yang menggunakan bahan-bahan berbahaya membuat ibu hamil mesti berhati-hati.