Saat Hamil Kok Berat Badan Malah Turun?

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 9 September 2017 | 04:00 WIB
Hamil berat badan turun? Apa ya yang perlu dilakukan? (Santi Hartono)

Nakita.id – Kehamilan identik dengan kenaikan berat badan yang akan Ibu alami. Namun, bagaimana jika saat hamil berat badan turun? Apakah kondisi ini membahayakan bagi janin ya?

Menurut Pooja Shah, MD, direktur Banner Medical Group sekaligus dokter obgin mengungkapkan morning sickness menjadi alasan mengapa ibu hamil mengalami penurunan berat badan.Kondisi ini sangat umum terjadi pada trimester pertama kehamilan. “Mual akan mengurangi nafsu makan dan muntah memengaruhi penyerapan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh,” ujarnya.

Baca juga: Hamil Berat Badan Malah Turun

Berat badan yang turun di awal kehamilan pada dasarnya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan apalagi jika Ibu sempat mengalami mual dan muntah yang cukup parah. Namun, penurunan berat badan yang berlebihan bisa jadi tanda lebih serius misalnya masalah kelenjar tiroid.

Penurunan berat badan pada ibu dengan berat badan normal juga perlu diwaspadai. Jika terjadi, Ibu berisiko memiliki ukuran janin yang di bawah normal. Sementara pada Ibu yang mengalami kelebihan berat badan, penurunan ini masih dianggap normal karena baik untuk mencegah komplikasi kehamilan lainnya seperti preeklamsia.

Baca juga:  Ini Penambahan Berat Badan Yang Normal Saat Hamil

Untuk mengatasi kondisi berat badan turun saat hamil ini, Ibu perlu memastikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Pilihlah makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup. Bisa jadi Ibu sudah merasa makan banyak tetapi makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat hamil.

Asupan protein, kalsium dan asam folat menjadi daftar nutrisi penting selama kehamilan. Pilih makanan dengan buah-buahan segar, sayuran serta protein tanpa lemak seperti ayam dan ikan. Hindari makanan tinggi lemak dari makanan cepat saji atau makanan olahan yang tidak mengandung nutrisi yang cukup.

Baca juga: Nafsu Makan Menurun Selama Kehamilan Ini Tanda Dan Cara Mengatasinya

Lemak juga dibutuhkan bagi Ibu yang mengalami berat badan turun saat hamil. Namun, usahakan agar Ibu memilih kandungan lemak yang lebih sehat. Lemak sehat bisa ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat dan beberapa jenis ikan seperti ikan salmon atau tuna. (*)