Perlu Dicoba, Ini Cara Menyisihkan Uang Belanja Bulanan untuk Ditabung

By Saeful Imam, Selasa, 25 Juli 2017 | 01:45 WIB
Ini Trik Mudah Untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan (Gisela Niken)

Nakita.id – Ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan bisa saja menabung. Tentunya dengan cara tepat, Ibu bisa membantu menghemat keuangan keluarga. Berikut cara yang bisa coba dilakukan untuk menyisihkan uang belanja bulanan. 

Baca juga: Apakah Ibu Selalu Kehabisan Uang Sebelum Gajian Lagi?

1.Belanja setiap minggu

Persiapan yang matang menjadi kunci agar Ibu bisa berhemat dan akhirnya bisa menabung. Saat belanja mingguan, Ibu juga sebaiknya membekali diri dengan daftar bahan makanan yang perlu dibeli dari rumah.

Kondisi ini akan membantu Ibu meminimalisir membeli hal yang tak penting. Hal ini juga baik untuk kesehatan keluarga. Katherine Tallmadge, RD, seorang ahli diet mengungkapkan bahan makanan yang terencana akan menimalisir Ibu untuk memasak makanan yang kurang sehat.

Mulai sekarang cobalah mengganti waktu belanja dari bulanan menjadi mingguan. Saat Ibu belanja bulanan, kita cenderung membeli segala sesuatunya dengan jumlah yang besar. Padahal belum tentu Ibu membutuhkannya dalam jumlah besar. Berbelanja mingguan akan membuat Ibu membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan minggu tersebut. 

Baca juga: Yuk, Ajari Anak Menabung 

2.Jangan terpaku pada merk

Kadang kali kita hanya melihat segala sesuatunya dari merk saja. Padahal bisa jadi kita mendapatkan harga yang lebih murah dari merk lainnya. Misalnya saat membeli gula pasir atau beras, Ibu bisa memilih merk yang sesuai dengan budget tanpa perlu memboros membeli bahan-bahan yang sebenarnya tidak beda jauh kualitasnya.

3.Jangan berbelanja saat lapar

Ternyata ada hubungannya kondisi perut dan menjadi boros ketika berbelanja. Sebuah studi pada 2011 yang dipaparkan dalam konferensi Society for Study Behaviour menyoroti sebuah saran bahwa sebaiknya jangan pergi berbelanja saat lapar.

Menurut riset ini, hormon ghrelin yang meningkatkan rasa lapar ada di dalam tubuh kita akan memengaruhi aktivitas otak kita ketika berbelanja. Ternyata kita akan dengan mudah berbelanja tanpa menyadari bahwa apa yang ita belanjakan adalah hal yang kurang berguna.