Jangan Melakukan Hal Ini Saat Bangun Pagi Jika Tak Ingin Mudah Sakit

By Saeful Imam, Selasa, 25 Juli 2017 | 04:00 WIB
6 Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi (Dini)

Nakita.id – Bangun di pagi hari jadi ritual yang dialami setiap orang. Ada banyak hal yang ternyata menentukan di saat bangun pagi. Berikut daftar hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat bangun pagi. Jika sering melakukannya, Ibu bisa saja mengalami berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: 4 Trik Membangunkan Anak di Pagi Hari

1.Langsung berolahraga

Ibu sebaiknya jangan langsung berolahraga sesaat sebelum tidur. Cobalah untuk melakukan ritual baik lainnya misalnya minum air putih. Selain itu, pastikan Ibu tidur cukup jika ingin melakukan olahraga di pagi hari.

Menurut Dr. Charles Eldre dari Center for Health Research, kurang tidur akan menyebabkan gangguan dalam metabolisme. Kondisi ini akan menghambat proses pembakaran lemak. Maka pastikan Ibu cukup tidur sebelum melakukan olahraga sesaat setelah bangun pagi.

Baca juga: Ini Manfaat Tak Terduga Jika Mandi Air Dingin di Pagi Hari 

2.Tidak sarapan pagi

Banyak orang yang memilih untuk tidak sarapan dengan alasan takut gemuk. Padahal sarapan di pagi hari justru membantu kita dalam menurunkan berat badan. Sarapan yang tepat justru membuat perut tak mudah lapar sehingga tidak asal ngemil pada siang hari.

Sebuah studi di Harvard pada 2013 menunjukkan orang yang tidak sarapan justru memiliki gaya hidup yang buruk. Dalam studi ini digambarkan bahwa orang yang tidak sarapan cenderung jarang berolahraga, merokok serta pola hidup yang buruk.

Baca juga:Ini Manfaat Tak Terduga Jika Minum Air Hangat di Pagi Hari 

3. Tidak minum segelas air putih

Air sangat dibutuhkan tubuh termasuk sistem pencernaan kita. Menurut Don Colber, MD, ahli gizi sekaligus penulis buku Eat This and Live mengungkapkan minum air putih saat perut kosong di pagi hari sangat baik untuk sistem pencernaan.