Ini Cara Atiqah Hasiholan Agar Cepat Pulih Usai Melahirkan Secara Alami, Mau Coba?

By Saeful Imam, Rabu, 26 Juli 2017 | 04:15 WIB
Begini cara agar cepat pulih setelah melahirkan yang dilakukan Atiqah Hasiholan (Saeful Imam)

Nakita.id – Pemulihan setelah melahirkan memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Masa nifas selama kurang lebih 40 hari membutuhkan perawatan khusus agar pembersihan organ dalam berjalan sempurna. Tak hanya itu, pastinya Ibu ingin mengembalikan bentuk tubuh kembali seperti semula.

Hal ini juga dilakukan oleh artis cantik Atiqah Hasiholan. Artis yang baru saja melahirkan sebulan ini membagi cara agar cepat pulih usai melahirkan. Dalam akun instagramnya, Atiqah menjelaskan bahwa dirinya menggunakan bengkung setelah melahirkan, minum jamu serta rutin mendapatkan perawatan pijat.

Apakah cara-cara yang dilakukan Atiqah Hasiholan ini aman dan ampuh untuk dilakukan? Meski masih banyak menuai kontroversi, cara menggunakan bengkung ini masih terbilang aman asalkan tidak terlalu kencang.

Baca juga: 5 Cara Alami Agar Cepat Pulih Setelah Melahirkan 

Menurut dr. Reino Rambey, Sp.OG., dalam tabloid Nakita Edisi 409, bengkung yang digunakan tak boleh sampai membuat Ibu jadi tak nyaman. Ibu yang masih memiliki bekas jahitan operasi caesar harus lebih berhati-hati karena cara ini akan membuat luka bekas operasi semakin parah.

Sementara untuk konsumsi jamu, pada dasarnya Ibu sah-sah aja untuk mengonsumsi minuman tradisional ini. Menurut DR. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., penggunaan jamu turun temurun memang berfungsi untuk membantu kita dalam hal pemulihan seusai melahirkan.

Apakah Ibu boleh minum jamu saat menyusui? “Berdasarkan pengalaman,jarang atau belum pernah ada keluhan tentang pengaruh jamu terhadap kualitas ASI,” ujarnya dalam tabloid Nakita Edisi 313.

Baca juga: 6 Kondisi Ibu Setelah Bersalin 

Namun bagi Ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, ada baiknya mengonsumsi jamu setelah  tidak mengonsumsi obat-obatan lagi dari dokter. Hal ini disebabkan kita tidak mengetahui efek samping jika minum jamu dan obat-obtan tersebut secara bersamaan.

Selain cara-cara yang dipakai Mama Atiqah Hasiholan, Ibu juga bisa mencoba berbagai cara alami yang bisa membantu Ibu agar cepat pulih usai melahirkan. Misalnya dengan mandi air hangat. Ternyata, mandi air hangat dapat menenangkan otot di sekitar vagina yang bekerja keras selama proses melahirkan.

Baca juga: Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal 

Cobalah untuk sedikit melakukan gerakan dengan berjalan kaki santai misalnya. Berjalan merupakan metode terbaik untuk merangsang dasar panggul agar cepat pulih. Terakhir, Ibu hanya perlu memastikan cukup minum air putih. Air putih dapat melancarkan metabolisme tubuh.