Cara Mengurangi Rasa Gatal Akibat Cacar Air pada Anak

By Dini Felicitas, Rabu, 26 Juli 2017 | 23:45 WIB
Kenakan pakaian berbahan katun yang lembut saat anak cacar air. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Saat anak menderita cacar air, bukan hanya bintil-bintil cacarnya saja yang merepotkan tapi juga rasa gatal yang ditimbulkan. Namanya anak-anak, mereka tidak mengerti untuk sebaiknya tidak menggaruk bintil yang terasa gatal karena mungkin saja akan menyebabkan infeksi dan menimbulkan bekas luka. Lalu, apa yang bisa ibu lakukan saat anak merasa kegatalan akibat cacar air yang dideritanya?

Bintil-bintil cacar air terasa gatal karena reaksi dalam tubuh yang menimbulkan reaksi asam. Menurut seorang apoteker asal Inggris, Rita Ghelani, mengobati rasa gatal akan membantu meminimalkan goresan ruam dan mencegah jaringan parut serta mengurangi risiko bintil-bintil terinfeksi. Gunakan bedak, krim atau losion yang mengandung kalamin. Kalamin mengandung zinc oxide yang memiliki sifat antiseptik sehingga bisa menetralkan rasa gatal dan mencegah infeksi. Jika rasa gatal tidak berkurang, untuk anak-anak berusia di atas satu tahun bisa diberikan obat yang mengandung antihistamin seperti chlorphenamine.

Untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri sekunder pada bintil cacar air yang menjadi luka terbuka akibat gesekan dan garukan, dapat digunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone-iodine pada luka atau bintil cacar air. Selain memiliki sifat membunuh bakteri, povidone-iodine juga memiliki efek membunuh virus yang lebih luas dibandingkan dengan jenis antiseptik lain. Anggota keluarga lain sebaiknya juga menggunakan sabun ini agar tidak ikut tertular.

Sharon White, seorang perawat dan bidan terdaftar, memberikan beberapa tips saat merawat anak yang menderita cacar air agar rasa gatal yang mereka rasakan bisa berkurang.

•    Pilih pakaian berbahan katun yang longgar, mulus, dan halus untuk anak. Hal ini membantu mencegah kulit terasa sakit saat bintil cacar tergesek pakaian. •    Pastikan kuku jari anak bersih dan pendek, agar saat mereka tanpa sadar menggaruk bintilnya tidak akan terjadi infeksi dan menimbulkan bekas luka. •    Gunakan bubur gandum dalam air mandi untuk menenangkan kulit yang gatal. Cukup isi kaus kaki bersih dengan bubur gandum, ikat di mulut keran. Biarkan keran mengalir melewatinya sehingga airnya berubah menjadi susu. Jangan gunakan produk lain di bak mandi. •    Jaga anak agar tetap terhidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh akan membuat anak semakin merasa gatal.

Jika rasa gatal akibat cacar air yang dirasakan anak tidak juga berkurang meski sudah diberikan obat oles dan minum, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat.