Ini 3 Alasan Mengapa Perlu Bersyukur Menjadi Ibu yang Tak Kenal Lelah Mengasuh Anak

By Saeful Imam, Jumat, 28 Juli 2017 | 07:15 WIB
Manfaat mengasuh anak ternyata banyak yang tidak terduga (Saeful Imam)

Nakita.id – Menjadi seorang Ibu memang hal yang tiada duanya. Meskipun lelah, Ibu pastinya akan terus mengurus dan mengasuh si kecil. Ibu yang selama ini telah merelakan waktu dan tenaganya perlu mengetahui bahwa ada begitu banyak manfaat ketika Ibu banyak meluangkan waktu untuk mengasuh anak.

1. Mencegah anak sakit

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan pengasuhan Ibu dapat memberikan dampak baik pada si kecil. Ikatan emosional yang muncul karena pengasuhan tersebut dapat membantu tumbuh kembang bayi.

Menurut Deepak Chopra, M.D., ikatan emosi tersebut dapat mencegah  penyakit yang datang kepada si kecil serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, ikatan emosinal akan meningkatkan IQ si kecil.

Baca juga: Ibu di Atas 35 Tahun Lebih Baik dalam Mengasuh Anak?

2. Anak jadi lebih berperilaku baik

Tahukah Ibu adanya Ibu dalam pengasuhan akan membawa perilaku dan emosional yang baik. Sebuah studi yang dibuat oleh ilmuwan di University of Iowa mengungkapkan anak yang merasa dekat dengan Ibu akan memiliki hasil yang positif mengenai emosinya.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Child Development ini menemukan bahwa anak yang mengalami kedekatan dengan si kecil kelak akan memiliki perilaku yang baik. “Dua tahun pertama kehidupan merupana hal yang penting bagi perkembangan sosial dan emosional anak,” ujar Sanghag Kim, salah seorang psikolog yang juga peneliti dari penelitian ini.

Baca juga: Rahasia Sukses Mengasuh Anak Perempuan

3. Anak jadi lebih bahagia

Mau punya anak yang lebih bahagia? Ternyata anak yang dekat dengan kedua orangtunya tidak akan mengalami masalah seperti mudah marah atau emosi yang kurang stabil. Hal ini membuat Ibu perlu menyadari bahwa apa yang Ibu lakukan saat ini berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Meski kadang si kecil yang susah diatur membuat Ibu kesal, ingatlah bahwa ada masa-masa tak tergantikan yang juga meningkatkan hubungan antara Ibu dan si kecil. Tak lupa pengalaman tadi juga kelak membuat anak lebih bahagia dan memiliki pengalaman positif.