Meski Melelahkan, Ini 5 Alasan Mengapa Ibu Perlu Bahagia Menjalani Trimester Akhir Kehamilan

By Saeful Imam, Selasa, 1 Agustus 2017 | 03:30 WIB
Hal menakjubkan di trimester ketiga yang perlu Ibu ketahui (Saeful Imam)

Nakita.id – Trimester ketiga berarti waktu untuk bertemu si kecil yang ada di dalam rahim semakin dekat. Meski membahagiakan, Ibu mungkin akan mengalami hari-hari yang melelahkan di akhir kehamilan. Tak perlu khawatir soal hal ini sebab ada beberapa hal yang jadi alasan mengapa Ibu perlu menjadi bahagia di akhir kehamilan.

Baca juga: Ibu Hamil Susah Tidur Saat Trimester Ketiga? Ini yang Perlu Dilakukan 

1. Rambut menjadi lebih indah

Rambut rontok mungkin jadi hal yang cukup menyebalkan terjadi di awal kehamilan. Belum lagi kerusakan yang mungkin terjadi akibat perubahan hormon.  Namun, Ibu tak perlu khawatir bahwa menjelang akhir kehamilan rambut Ibu akan kembali sehat dan tebal. Setelah mengalami perubahan hormon kehamilan, Ibu mulai berangsur-angsur kembali normal.

2. Janin semakin banyak bergerak

Janin yang semakin bertumbuh besar membuat ruang sempit di dalam rahim. Hal ini akan membuat Ibu akan lebih sering merasakan gerakan janin dalam rahim. Tentu menyenangkan bisa mengetahui dan merasakan gerakan janin semakin sering. Ibu bisa melakukan berbagai stimulus misalnya mengelus anak lebih sering untuk memancing gerakannya. 

Baca juga: Pemeriksaan Penting pada Ibu Hamil di Trimester Ketiga

3. Janin mulai bisa mendengar suara dari luar

Mengajak ngobrol janin akan semakin menyenangkan karena ia sudah semakin jelas mendengar suara dari luar. Menurut American Academy of Peditarics, pada trimester ketiga suara dari luar akan terdengar semakin keras mengingat telinga janin akan membentuk struktur lengkap di usia 6 bulan.

4. Lebih punya banyak waktu sendiri

Bagi Ibu bekerja, akhir kehamilan akan jadi waktu yang menyenangkan karena Ibu akan beristirahat dan fokus memersiapkan proses persalinan. Cobalah untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang membuat Ibu jadi lebih tenang dan tentunya menyenangkan misalnya membaca buku atau melakukan hobby lainnya.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Olahraga Saat Trimester Ketiga untuk Ibu Hamil 

5. Punya waktu untuk bertemu dengan orang lain

Ketakutan jelang waktu persalinan adalah hal yang normal terjadi. Ibu akan membayangkan rasa nyeri atau hal menyeramkan lainnya yang mungkin terjadi proses persalinan. Salah satu cara mengusir rasa takut tadi adalah dengan bertemu orang lain. Mencari teman cerita menjadi hal yang perlu Ibu lakukan untuk mengurangi rasa takut.