Begini Tip Memilih Mainan Untuk Anak, Ternyata Tidak Perlu Banyak, Apalagi Mahal!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 16 Agustus 2017 | 03:15 WIB
Soft toys atau boneka mampu melatih rasa empati anak, melatih imajinasi anak, melatih sensitivitas anak dan jiwa seni anak. (Santi Hartono)

Nakita.id.-  Apa yang sering dilakukan anak-anak kala berada di rumah? Apakah menonton televisi, tidur, atau bermain? Mungkin jawabannya berbeda-beda, tapi yang paling baik adalah bermain.

Bermain adalah bagian dari proses belajar pada anak-anak. Melalui bermain, mereka belajar mengenai dunia. 

Untuk itu, kita dapat membantu anak mengembangkan proses belajarnya dengan memilih mainan yang pas untuknya.

Baca juga: Panduan Memilih Mainan Anak

Menurut Dr. Marie Hartwell-Walker, Psikolog Perkembangan dan Konselor Rumah Tangga sekaligus licensed therapisi untuk pendidikan bagi keluarga dan suami istri, mengatakan, mainan untuk anak sesungguhnya tidak banyak. Yang penting kita bisa memilih mana yang terbaik.

1. Balok kayu polos dengan berbagai ukuran. Mainan ini kaya manfaat, selain melatih motorik halus, juga melatih konsentrasi anak, melatih sinkronisasi motorik dan indra penglihatan, pastinya membantu mengembangkan kemampuan rekonstruksi.

2. Lego atau mainan manipulatif, tidak ada salahnya kita belikan untuk anak walau mahal, karena bisa mendorong pengembangan keterampilan motorik halus dan kreativitas.

3. Boneka bayi dan baju-bajunya. 

4. Perlengkapan dapur dan barang-barang yang ada di rumah. Untuk diketahui, barang-barang ini walau bukan mainan tapi bisa melatih kemampuan imajinasinya dengan bermain pura-pura alias bermain peran, misal, bermain masak-masakan meniru ibu.

5. Dress up. Syal, topi, topeng binatang, baju, dompet, sarung, bisa dijadikan mainan untuk anak. Atau belikan mainan untuk bermain pura-pura, seperti pakaian militer dan perlengkapannya, pakaian dokter dan perlengkapannya, pakaian mekanik juga dengan perlengkapannya. Mainan jenis ini sangat efektif sebagai mainan kreatif.

Baca juga: Memilih Mainan Yang Aman Untuk Anak

6. Painting atau mainan seni lukis. Belikan anak perlengkapan untuk melukis, mulai dari cat lukis, kuas, hingga kanvas atau kertas gambar. Jangan heran jika perlatan ini sudah dimiliki anak, rumah akan berantakan. Namun hal ini akan semakin mengasah kreativitas anak, begitu juga dengan sense of artnya.

7. Rumah boneka. Tidak perlu yang mahal, bisa juga membuat sendiri dari kotak televisi bekas. Yang penting dapat mempertajam kreativitas anak.

Baca juga: 6 Ide Permainan Murah Dan Seru Bersama Si Kecil 8. Mainan fisik. Yang dimaksud dinilah adalah mainan yang dimainkan anak secara fisik, dapat mengasah motorik kasar, balancing, dan keberanian. Seperti mainan lompat tali, bola, sepatu roda, mainan berkuda, dan masih banyak yang lainnya. (*)