Menjalani Persalinan Caesar Kedua Kali, Alyssa Soebandono Lebih Tenang dan Rileks

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 3 Agustus 2017 | 03:00 WIB
Alyssa Soebandono melahirkan anak kedua (Santi Hartono)

Nakita.id - Setelah menantikan selama sembilan bulan di kandungan, kini Alyssa Soebandono telah dikaruniai anak kedua yang lahir pada Rabu (02/08) pukul 06.10 WIB di RS Kemang Medical Center, Jakarta. Anaknya dilahirkan sehat dan selamat dengan panjang 50 sentimeter dan berat 3 kilogram.

Bayi berjenis kelamin laki-laki ini diberi nama Malik Mahendra Harlino yang memiliki makna, Mahendra berarti pemimpin yang agung. Malik yang terinspirasi dari imam tokoh yang bisa memahami agama dengan baik, serta bisa menjadi pemimpin yang baik.

Proses persalinan keduanya ini tak berbeda dari yang pertama. Anak sulungnya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino atau yang kerap disapa Rendra yang lahir pada tanggal 19 Februari 2015 ini dulu lahir dengan proses operasi caesar, begitu pula yang sekarang.

Dilansir dari KapanLagi.com, sang suami Dude Harlino mengungkapkan, "Anak pertama caesar, Icha hamil sebelum tiga tahun dari kelahiran anak pertama, memang jahitan di perut pas pertama masih ada."

Ternyata, menjalani proses persalinan caesar kedua membuat ibu berusia 26 tahun ini lebih tenang dan rileks ketika memasuki ruang operasi. Karena rajin cek kondisi kandungan dari USG, ia dan suami telah memahami tahap demi tahap yang nantinya akan dihadapi.

"Dari USG beberapa waktu lalu sudah memperkirakan apa yang terjadi," pungkas Dude Harlino.

Menurut Todays Parent, ada empat realita yang harus dihadapi jika ibu hamil harus menjalani persalinan caesar:

1. Timbul bekas sayatan atau jahitan

Beberapa perempuan akan mendapatkan sebuah "lipatan" di atas area sayatan. Setelah berbulan-bulan berkembang, kulit mungkin menggantung di atas sayatan. Dalam beberapa kasus, sayatan itu akan lenyap seiringnya waktu.

2. Kaki yang membengkak

Kaki akan tampak membengkak dan terlihat seperti balon. Bengkak ini disebabkan oleh semua cairan dan obat-obatan yang dipompa ke tubuh ibu saat dalam proses persalinan, atau dalam persiapan tahap caesar.

3. Dasar-dasar menyusui