Ini Bahaya Tak Terduga Jika Bayi Tertidur di Dada Orangtua

By Saeful Imam, Kamis, 3 Agustus 2017 | 01:45 WIB
Bahaya bayi tertidur di dada orangtua yang perlu Ibu ketahui (Saeful Imam)

Nakita.id – Tidur dalam dekapan orangtua memang hal yang wajar terjadi terutama pada bayi. Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orangtua adalah membiarkan bayi tertidur di dadanya. Ternyata, cara ini tidak direkomendasikan karena berbahaya.

Lullaby Trust, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada keselamatan tidur bayi mengungkapkan peringatan mengenai bahaya tidur di area dada orangtua. Menurut organisasi ini, posisi tidur di dada orangtua dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak atau yang sering disebut SIDS hingga 50 kali.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Akan Tidur Nyenyak Sepanjang Malam?

Seperti dilansir dari HuffPost Inggris, salah seorang juru bicara dari Lullaby Trust mengungkapkan tidur di sofa atau kursi dengan bayi menjadi salah satu situasi yang sebaiknya dihindari. Menurutnya, jika bayi tertidur di dada orangtua, ada baiknya memindahkan bayi ke tempat tidur yang tentunya aman.

Himbauan dari Lullaby Trust ini ternyata berawal dari kasus seorang Ayah yang menemukan bayinya tak bernapas setelah tertidur di sofa bersamanya. Sam Hanke, seorang Ayah dari Kentucky Amerika Serika tertidur di sofa bersama anak laki-lakinya yang berusia empat minggu.  Beberapa jam kemudian, ia menemukan anaknya sudah meninggal dunia.

Baca juga: Tip untuk Membantu Bayi Tidur Telentang Sepanjang Malam 

Hal ini membuat Ibu harus lebih berhati-hati ketika menemani bayi tidur. Tak sembarangan orang bisa tidur di samping bayi. Orangtua bayi sekalipun yang sekiranya membuat bahaya pada bayi sebaiknya tak tidur bersama dengan bayi.

Lullaby Trust memberikan panduan bagi orangtua mengenai tidur bersama bayi. Menurutnya, Ibu atau Ayah sebaiknya tak tidur dekat bayi jika merokok atau sehabis minum alkohol. Kondisi badan yang terlalu lelah juga dapat membahayakan bayi yang sedang tidur karena Ibu bisa jadi tak sadar jika menimpa tubuh bayi misalnya.

Baca juga: Pola Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 3 Bulan 

Tidak hanya itu, Ibu juga harus lebih waspada dalam memilih tempat tidur yang aman bagi si kecil. Red Nose, sebuah lembaga nirlaba di Australia mengungkapkan beberapa tip dan trik aman untuk bayi yang sedang tidur.

Menurutnya, Ibu perlu memiliki kasur atau tempat tidur yang kencang, bersih, dan memiliki permukaan yang rata. Ibu harus menghindari penggunaan selimut yang terlalu tebal dan tidak menyesuaikan dengan panjang tubuh bayi. Hindari menggunakan  bantal atau mainan yang terlalu banyak di area sekitar bayi tidur.