Cara Tepat Berbicara dengan Bayi Agar Cepat Bicara

By Saeful Imam, Selasa, 8 Agustus 2017 | 02:15 WIB
Kapan bayi boleh dibawa ke luar rumah? (Gisela Niken)

Nakita.id - Menghabiskan waktu seharian untuk merawat bayi merupakan kesibukan yang tidak bisa dipungkiri. Ada saat di mana orangtua baru merasa lelah dan stres akibat kurang tidur dan lain sebagainya. Meski begitu, orangtua sebaiknya tetap menjalin komunikasi dengan baik dan intens. Sebab,  semakin banyak kita berbicara dengan bayi, semakin baik kemampuan komunikasinya.

Selain itu, pastikan orangtua tahu cara tepat berkomunikasi dengan bayi. Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan di rumah:

1# Membaca buku

Orangtua bisa membacakan cerita dengan cara yang menarik, seperti suara keras dan tetap melakukan interaksi. Pasti ada manfaat dari nyanyian dan makna kata-kata dalam buku cerita yang membuat bayi belajar cepat memahami kata-kata baru.

(Baca juga : Perkembangan Bahasa/Bicara Bayi)

2# Nyanyikan lagu

Lagu yang bisa dinyanyikan Ayah atau Ibu tak melulu lagu anak-anak, tapi bisa juga dengan menyanyikan lagu hits artis favorit kita untuk mengurangi kebosanan.

3# Jelaskan apa yang orangtua hendak lakukan

Misalnya, Ibu dapat menjelaskan, "Ibu akan berjalan ke dapur untuk mengambil segelas air." Membiasakan diri untuk menceritakan kegiatan kita di rumah kepada anak akan memberinya kesempatan untuk mengekspos bahasa si kecil. Lakukan percakapan dengan anak atau sertakan ia dalam percakapan yang Ibu alami dengan orang lain.

4# Jelaskan hal-hal di sekitar kita dengan kegembiraan

Ibu dapat mengatakan, "Wah! lihatlah bunga ungu yang indah itu!" Selama orangtua bercakap-cakap dengan bayi, yang penting untuk dilakukan ialah melakukan jeda kontak mata setelah Ibu mengatakan sesuatu untuk memberi kesempatan kepada anak untuk mengoceh.

(Baca juga : Stimulasi yang Perlu Diberikan untuk Membantu Bayi Lancar Bicara)