Hepatitis Tidak Menyebabkan Penyakit Kuning

By Saeful Imam, Kamis, 10 Agustus 2017 | 23:15 WIB
mitos hepatitis (Saeful Imam)

Nakita.id - Hepatitis adalah salah satu penyebab utama penyakit yang menyerang organ hati. Sebagian besar dari kita tahu tentang aneka jenis hepatitis dan cara mencegahnya, namun ada beberapa mitos yang keliru, yang diyakini orang sampai saat ini.

Salah satu yang umum adalah bahwa hepatitis menyebabkan penyakit kuning, yang tidak benar adanya, karena penyakit kuning hanyalah gejala hepatitis dan bukan penyebabnya.

Jadi, Dr Mehul Choksi, Konsultan Gastroenterologi, Rumah Sakit SL Raheja, Mumbai membantu kita untuk menghilangkan mitos umum tentang hepatitis.

(Baca juga : Ternyata, Hepatitis D dan E Sering Menyerang Anak)

Mitos 1: Penyakit kuning hanya disebabkan oleh infeksi yang ditularkan melalui air

Fakta: Penyakit kuning dan hepatitis kronis disebabkan oleh virus yang terbawa darah. Virus ini bisa menyebabkan penyakit hati stadium akhir (sirosis).

Sementara, jenis hepatitis B adalah infeksi yang dapat dicegah dengan pemberian vaksin hepatitis B yang diberikan saat lahir.

Mitos 2: Hanya makanan hambar yang harus dimakan saat pulih dari sakit kuning

Fakta: Pada saat menderita penyakit kuning, tubuh membutuhkan kalori dalam jumlah yang baik, yang berasal dari protein, karbohidrat dan lemak.

Membatasi diri hanya dengan makanan hambar dan direbus mudah menyebabkan kekurangan gizi protein selama masa pemulihan. Karena itu, makan dan pertahankan diet sehat saat nafsu makan sudah kembali.

(Baca juga : Infeksi Hepatitis Pada Kehamilan yang Harus Diwaspadai Dari Sekarang)

Mitos 3: Obat-obatan Ayurvedic dan herbal adalah satu-satunya pengobatan yang efektif