Mau Sehat dan Langsing? Perhatikan Porsi Makan

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 15 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Diet Mediterania juga baik untuk mencegah demensia. (Dini Felicitas)

Nakita.id- Mengonsumsi makanan gizi seimbang adalah mengonsumsi beragam jenis makanan dalam porsi yang pas. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah yang tepat, kita bisa dengan mudah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Tentunya kesehatanpun akan tetap terjaga dengan baik.

Untuk bisa mengonsumsi makanan gizi seimbang tidak sulit; makan sehari tiga kali, mengonsumsi makanan pokok (bisa nasi, olahan tepung atau gandum, atau pasta), mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, telur, daging. Juga cukup minum, buah dan sayur, serta mengonsumsi susu. Tapi ingat, kurangi makanan dan minuman mengandung lemak, garam, dan gula tinggi. Namun faktanya, banyak ibu yang ternyata menu hariannya belum seimbang. Banyak penelitian membuktikan, sering kali kita kurang cukup mengonsumsi sayuran, apalagi buah-buahan. Padahal, buah dan sayuran merupakan sumber vital vitamin dan mineral, dan idelanya harus dikonsumsi lebih dari sepertiga makanan yang kita makan setiap hari.

Baca juga: Mau Tetap Sehat Dan Langsing Sampai Tua Lakukan Kebiasaan Ini penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Penelitian juga menyebutkan, jika kita mengonsumsi kentang, baiknya makan dengan kulitnya. Karena kulitnya itu sumber serat dan vitamin yang baik. . Maka dari itu untuk karbohidrat baiknya beras merah, , pasta gandum dan roti gandum putih kecokelatan, gandum putih. mengandung lebih banyak serat, dan biasanya lebih banyak vitamin dan mineral.

Sepert telah disebutkan sebelumnya, kacang-kacangan, ikan, telur, daging dan protein, wajib untuk selalu ada dalam setiap porsi makan harian. Karena sumber makanan tersebut kaya protein yang penting bagi tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki dirinya sendiri. berbagai vitamin dan mineral.

Baca juga: Kembali Langsing Usai Melahirkan Lakukan Diet Sehat Ini yang merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin besi, seng dan vitamin B, termasuk vitamin B12, baiknya dikonsumsi juga. Tapi ingat pilih daging tanpa lemak dan unggas tanpa kulit sebagai sumber makanannya. kan yang kaya akan sumber protein penting dan mengandung banyak vitamin juga mineral, kaya akan asam lemak omega-3, sekurang-kurangnya dikonsumsi seminggu dua kali. , bisa sebagai salah satu sumber makanan untuk kita dan keluarga. Karena telur kaya protein yang hebat, tapi masih mengandung kadar lemak tinggi, jadi makanlah secukupnya. akan sedikit lemak jenuh dan gula. Sebab terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Mengonsumsi makanan dan minuman secara kadar gula tinggi meningkatkan risiko obesitas dan kerusakan gigi. Minum susu disarankan untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang. Tapi pilih yang rendah lemak. Penting diketahui, susu dan makanan olahan susu seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein, pun mengandung kalsium, yang membantu menjaga tulang tetap sehat. (*)