4 Aktivitas Mengurangi Sesak Napas Saat Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 16 Agustus 2017 | 22:00 WIB
6 Aturan Berenang untuk Ibu Hamil (Dini)

Nakita.id- Untuk mengurangi sesak napas, minimal ibu hamil bisa berkativitas dengan nyaman, begitu juga saat beristirahat, bisa melakukan istirahat dengan maksimal, coba lakukan hal-hal berikut ini:

1. Mengatur postur tubuh Saat berdiri, berdiri dengan tegap, pandangan lurus ke depan. Pastikan bahu tegap, kepala tidak menunduk. Begitu pula saat duduk. Tempelkan bokong ke sandaran kursi dengan sempurna. Punggung tegak. Pandangan lurus ke depan. Jangan gunakan kursi yang berroda. Baiknya gunakan kursi statis. Saat duduk, kedua kaki harus menampak ke lantai dengan sempurna.

2. Olahraga secara teratur Latihan aerobik, semisal jalan kaki, meningkatkan pernapasan, menurunkan denyut nadi. Ini baik sekali dilakukan oleh ibu hamil. jadi lakukanlah setiap pagi, paling tidak 1.5-1 jam. Berenang pun baik sekali bagi ibu hamil. Tapi pastikan sebelum memulai olahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter olahraga apa yang cocok untuk ibu.

Baca juga: 5 Manfaat Berolahraga Saat Hamil

3. Bersantai "Santai saja". Mungkin kata ini paling tepat bagi ibu hamil. Dengan bahasa lain, jangan pedulikan apapun selama hamil selain bisa membuat ibu nyaman, tenang. Jadi bersantailah setiap saat, dan hadapi semua yang ada di depan mata dengan santai.

emakin cemas, semakin ngotot, semakin ingin mencapai target, maka ibu akan semakin merasakan sesak napas, dan sesak napas yang dirasakan akan semakin berat.

Baca juga: Sesak Napas Saat Hamil

Walau harus beraktivitas, ibu hamil harus cukup istirahat. Bisa dibilang, jangan sampai mempunyai hutang istirahat. Sebab saat hamil bukan saatnya untuk memaksakan diri terlalu keras. Jika sudah merasa tidak asyik, segeralah istirahat. Jangan tunggu sampai muncul lelah apalagi capek dan stres. (*)