Mau Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan? Yuk Ikuti 5 Trik dari Para Pakar Ini!

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 14 Agustus 2017 | 20:45 WIB
Ingin Perut Langsing tanpa Diet dan Olahraga? (Dini)

Nakita.id - Banyak perempuan mengeluhkan bentuk tubuhnya yang tidak sama lagi setelah melahirkan. Salah satu yang kerap Ibu khawatirkan adalah bagian perut yang menjadi besar seperti berkantung. Adakah cara lain untuk mengecilkan perut setelah melahirkan? Yuk tiru cara dari para pakar ini!

1. Latih otot transverse abdominis (otot lintang perut) Anda, agar kembali kuat dan perut menjadi lebih rata. Jika otot perut Anda lemah, akan sulit menghilangkan kantung itu. “Gerakan favorit saya adalah forearm plank, double bent-knee dan bird-dog.” —Jacquelyn Brennan, pelatih fitnes bersertifikat dan pendiri Mindfuel Wellness.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan 

2. Yang terpenting untuk menghilangkan lemak pasca bersalin adalah mengatur pola makan. Wanita yang sedang menyusui tidak disarankan mengasup kalori kurang dari 1.800 kalori perhari atau suplai ASI-nya akan berkurang. Jangan makan berlebihan, jangan juga terlalu sedikit.

“Diet terlalu ketat akan membuat mental Anda tertekan dan ini bisa mendorong Anda kehilangan kendali diri, sehingga timbul keinginan makan secara berlebihan." -- Kendra Perkey, M.S., R.D., ahli gizi, ibu dari seorang putra berusia 18 bulan.

3. "Setelah melahirkan, sangat penting untuk melatih otot-otot pelvic. Karena itu, saya selalu mendorong atlit-atlit asuhan saya yang habis melahirkan untuk berlatih senam kegel, plus melakukan gerakan-gerakan lainnya. Melatih otot pelvic sangat penting, karena saat Anda melatih otot perut, Anda perlu tulang pubic yang stabil sehingga latihan bisa lebih efektif." jelas Janet Hamilton, spesialis pembentukan tubuh dan pakar fisiologis klinis dari Running Strong.

Baca juga; Jangan Gunakan Stagen atau Gurita. Ini Alasan Dokter

4. Minum minimal delapan gelas perhari, plus buah segar. Anda juga bisa memasukkan potongan buah ke dalam air minum.“Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menjamin kecukupan produksi ASI. Aktivitas menyusui membakar sekitar 500 kalori perhari." Ungkap Alex Caspero, R.D., ahli gizi dan pemilik Delicious Knowledge.

Baca juga: Kembali Langsing Usai Melahirkan, Lakukan Diet Sehat ini 

5. "Otot pelvic, perut dan bokong. Itu fokus utama latihan sambil dipadankan dengan rutinitas olahraga favorit Anda. Lakukan dengan perlahan, intensitas rendah terlebih dulu. Naikkan intensitas latihan secara bertahap sesuai dengan kemampuan." Ujar Jaime Quinn, direktur klinis Professional Physical Therapy di New York City, ibu seorang putri berusia 15 bulan.

(Artikel ini sudah tayang di Nova dengan judul "6 Langkah Kecilkan Perut Setelah Melahirkan Dari 6 Pakar"