Agar Tak Terkena Rubella Saat Hamil, Ini 4 Hal yang Perlu Ibu Perhatikan!

By Saeful Imam, Selasa, 15 Agustus 2017 | 03:30 WIB
Mencegah Rubella saat hamil penting untuk Ibu perhatikan (Saeful Imam)

Nakita.id – Akhir-akhir ini, Ibu mungkin sering mendengar seputar bahaya Rubella yang terjadi pada Ibu hamil. Pada anak-anak, Rubella mungkin tak menimbulkan gejala yang berbahaya. Pada Ibu hamil, Rubella justru membawa bahaya cukup besar karena dapat berdampak pada perkembangan janin. Ibu hamil perlu memerhatikan beberapa hal untuk mencegah Rubella saat hamil.

Baca juga: Mengenal Penyakit Rubella pada Kehamilan yang Dapat Mengancam Pertumbuhan Janin

1.Sangat mudah menular

Penularan virus Rubella terbilang sangat mudah. Kontak melalui udara menjadi salah satu cara yang paling sering terjadi. Maka, Ibu hamil dianjurkan melakukan vaksin sebelum hamil. Hindari pula kontak fisik dengan penderita Rubella terutama pada anak-anak. Sebab, anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan mengalami Rubella.

2.Berbahaya jika terjadi di awal kehamilan

Virus Rubella umumnya terjadi di awal kehamilan sehingga sangat mungkin menyebabkan masalah pada janin. Jika terjadi di trimester awal, kemungkinan janin akan mengalami gangguan sekitar 85%/. Artinya, janin akan sangat rentan mengalami gangguan atau bahkan berujung pada keguguran. Sementara jika pada akhir kehamilan, janin hanya memiliki peluang untuk terinfeksi sebesar 25%.

Baca juga: Mengapa Anak Wajib Imunisasi MR? Kisah Ibu yang Terkena Rubella Saat Hamil Ini Jawabannya 

3.Banyak yang tak mengenal tandanya

Gejala atau tanda Rubella saat kehamilan mungkin banyak tak dirasakan Ibu hamil. Biasanya, Ibu hamil akan tahu mengalami Rubella setelah janin mengalami gangguan atau setelah anak lahir. Gejala Rubella sendiri mungkin tak disadari karena dianggap gejala penyakit biasa pada umumnya. Gejala yang terjadi antara lain demam, sakit kepala, mata merah serta nyeri otot.

Baca juga: Ini 5 Fakta Seputar Imunisasi MR yang Sedang Dikampanyekan Pemerintah

4.Membawa dampak buruk pada janin

Rubella mungkin tak berdampak serius pada Ibu. Namun, si kecil sangat mungkin mengalami Congenital Rubella Syndrome saat lahir. Hal ini menyebabkan bayi lahir dengan masalah misalnya masalah jantung, penglihatan, pendengaran, cacat intelektual, masalah tulang, pertumbuhan serta kerusakan hati dan limpa. Ibu juga berisiko mengalami keguguran apalagi jika terinfeksi Rubella di awal kehamilan.

Ternyata, ada banyak hal yang perlu Ibu perhatikan sebagai cara mencegah Rubella saat hamil. Melihat bahaya Rubella pada kehamilan, Ibu perlu melakukan vaksinasi sebelum hamil. Tak hanya itu, Ibu yang sudah memiliki anak ada baiknya membawa si kecil untuk diimunisasi MR. Penyebaran Rubella sangat rentan terjadi pada anak-anak.