Perlu Dicoba, Ini Cara 3 Artis Agar ASI Lancar dan Banyak Secara Alami

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 16 Agustus 2017 | 01:45 WIB
Agar ASI banyak dan lancar, yuk coba cara para artis muda ini! (Santi Hartono)

Nakita.id – Siapa yang tidak mau memiliki ASI yang lancar dan banyak? Pasti semua ibu menginginkannya!

Tapi, bagaimana caranya? Ternyata, ada banyak cara yang bisa Ibu lakukan agar memiliki ASI lancar dan banyak secara alami. Ibu bisa meniru cara yang dilakukan para artis ini. Yuk dicoba!

Baca juga: Ibu Wajib Melakukan Perawatan Payudara Ini Saat Hamil Agar Lancar Menyusui 

1.Tetap happy dan tidak stres

Mama Chelsea Olivia termasuk salah satu artis yang memiliki ASI lancar dan banyak. Di  akun instagram pribadinya, Chelsea sempat mendonorkan ASI miliknya. Seperti dilansir dari Tribunnews, Mama dari Nastusha Olivia Alinskie ini memilih tetap happy dan tidak stres saat menyusui agar produksi ASI lancar.

Beristirahat cukup akan membuat Ibu jadi tetap bahagia dan stres. Hormon oksitosin saat kita merasa bahagia akan membuat metabolisme tubuh jadi lebih lancar sehingga produksi ASI juga semakin baik. Jadi, jangan lupa untuk tetap happy saat menyusui ya!

Baca juga: Kiat Lancar Menyusui Setelah Operasi Caesar 

2. Makan sayuran

Andien Aisyah, penyanyi yang kini memiliki seorang anak laki-laki  bernama Anaku Askara Biru ini membagikan kiat agar ASI lancar dan banyak yang ia lakukan. Andien mengaku telah melakukan perubahan terhadap pola makannya. Sejak menyusui, ia tidak pernah lupa makan sayur-sayuran seperti labu siam, kacang panjang dan brokoli.

Asupan nutrisi sangat berpengaruh pada produksi ASI. Tidak hanya makan banyak, Ibu menyusui perlu mendapatkan kalori bergizi yang didapatkan dari sayuran hijau serta lemak baik misalnya yang terkandung dalam alpukat, telur dan salmon. Menghindari makanan yang kurang bergizi seperti makanan olahan dan gula memang direkomendasikan agar produksi ASI lancar dan banyak.

Baca juga: ASI Lancar Lewat Pijat Payudara 

3. Sering memompa ASI

Artis sekaligus istri dari Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan mengaku punya banyak stock ASI untuk putrinya yang diberi nama Salma Jihane Putri Dewanto karena secara berkala melakukan pompa ASI. Meski masih bisa menyusui secara langsung, pompa ASI penting untuk Ibu lakukan. Kegiatan ini dapat merangsang produksi ASI lebih banyak lagi.

Lakukan pemompaan ASI di antara waktu menyusui. Hal ini akan merangsang payudara untuk mengeluarkan lebih banyak ASI. Jangan khawatir jika ASI yang dikeluarkan tidak banyak. Ibu perlu terus meningkatkan intensitas memompa agar produksi ASI lancar dan banyak. (*)