3 Kebiasaan yang Dilakukan Saat Bayi Ini Ternyata Jadi Penyebab Anak Susah Makan

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 16 Agustus 2017 | 04:00 WIB
Kebiasaan sejak bayi bisa jadi penyebab anak susah makan (Santi Hartono)

Nakita.id – Duh kok anakku sangat susah sekali makan ya? Sebelum mengeluh si kecil yang susah makan, ada baiknya Ibu melihat bagaimana kebiasaan makan yang dilakukan saat bayi. Ternyata, kebiasaan makan saat bayi sangat berpengaruh saat ia besar nanti. Ini kebiasaan saat bayi yang jadi penyebab anak susah makan.

Baca juga: Anak Susah Makan Karena Batuk, 4 Langkah Ini Bisa Mengatasinya 

1.Terbiasa dengan camilan tidak sehat

Salah satu penyebab anak susah makan adalah mereka cenderung lebih senang dengan camilan. Maka tak heran ketika jam makan, mereka malah menolak makanan tersebut karena merasa kenyang.

Apalagi jika anak sudah terbiasa mengonsumsi camilan tidak sehat yang biasanya mengandung gula dan garam terlalu tinggi.

Bayi mendapatkan pengetahuan rasa dari apa yang kita berikan. Jika sering diberikan sesuatu yang manis, maka anak akan terbiasa dengan makanan manis.

Maka tak salah jika Ibu bersikap tegas membatasi asupan makanan kurang sehat ini agar anak tak susah makan.

Baca juga: Kalau Dibiarkan, Anak Susah Makan Lama-lama Bisa Depresi 

2.Tidak diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan

Jangan harap si kecil akan lahap makan jika sejak kecil tidak dibiasakan mengenal berbagai banyak rasa. Salah satu makanan yang kerap ditolak adalah sayur-sayuran. Hal ini wajar saja terjadi karena si kecil tidak mengenal berbagai macam rasa.

Dalam bukunya  Good Kids, Bad Habits ( , Jennifer Trachtenberg, MD, salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah kembali mengenalkan rasa.

"Jangan mudah menyerah jika anak susah makan. Ibu perlu memberinya makanan yang awalnya tak disukai. Bisa jadi ia tak suka karena belum mengenal rasanya. Olahan makanan yang menggugah selera anak jadi hal penting untuk diperhatikan."