5 Makanan yang Bikin Kulit Jadi Berkilau. Coba Deh!

By Dini Felicitas, Minggu, 20 Agustus 2017 | 22:45 WIB
Mau kulit jadi berkilau? Kudap saja cokelat. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Setiap perempuan, termasuk yang sudah menjadi ibu, pastinya ingin memiliki kulit yang bersinar. Ahli nutrisi dari Australia dan pendiri Supercharged Food, Lee Holmes, berbagi resep alami agar kulit jadi berkilau:

Kunyit Holmes menyebut kunyit sebagai bumbu ajaib tahun 2017 karena tidak hanya bisa melawan jerawat, tetapi juga bisa memberikan cahaya ke kulit. "Kunyit adalah antiseptik yang hebat dan tinggi sifat antibakteri dan anti-inflamasinya,” jelasnya. Selain bisa disajikan sebagai minuman seduhan, jangan lupa tambahkan kunyit ke berbagai makanan seperti kari, sup, tumisan, dan bahkan telur orak-arik.

Alpukat Dengan harganya yang cukup mahal, daripada menjadikan alpukat sebagai masker Holmes justru menganjurkan untuk memakan buah tersebut secara teratur. “Alpukat tinggi vitamin E, vitamin A, vitamin B dan banyak asam amino untuk memberi nutrisi dan melembabkan kulit dan membuatnya bercahaya,” katanya.

Blueberry Buah ini kaya akan antioksidan untuk membantu melawan kulit yang menua dan meningkatkan kolagen, yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Selain bisa dijadikan smoothies, blueberry bisa dicampurkan ke dalam oatmeal dan salad.

Cokelat Untuk semua pecinta cokelat, ada kabar baik nih. Dark chocolate atau cokelat murni mengandung antioksidan, zat besi, magnesium dan mangan yang tinggi untuk membantu memerbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, memperbaiki aliran darah ke kulit, meningkatkan hidrasi dan kerapatan kulit. Cokelat mengandung asam lemak tinggi yang juga bagus untuk kesehatan kulit. Jadi tidak ada salahnya untuk menikmati satu atau dua potong cokelat murni tanpa gula.

Wortel, Labu, dan Kentang Apa ketiga jenis sayuran ini memiliki kesamaan? Ya, mereka sama-sama berwarna oranye tapi juga tinggi vitamin A, yang bisa membantu mengurangi munculnya keriput dan bercak coklat. Kombinasi sayuran ini pada dasarnya mampu mengatasi garis-garis halus dan kerusakan kulit.

Buah Kiwi “Buah kiwi mengandung vitamin C, kolagen, asam lemak Omega-3 dan asam amino yang bisa membantu mengatasi kerusakan akibat sinar matahari, penyakit kulit dan mengurangi kekeringan,” jelas Holmes. Jika Ibu memiliki lingkaran gelap di bawah mata, buah kiwi bisa menjadi salah satu solusinya. Caranya dengan mengiris halus buah kiwi, letakkan di daerah mata selama 5-10 menit. Kemudian buang irisan dan cuci muka dengan air biasa. Jika dilakukan setiap hari, lingkaran hitam pada mata perlahan akan menghilang.

Air “Saya tahu air adalah minuman yang membosankan, tapi air adalah kunci untuk kulit yang terhidrasi. Air membantu menjaga kulit tetap lembab dan bisa mengurangi garis-garis halus dan keriput,” ucap Holmes. Usahakan untuk minum antara dua dan empat liter air sehari atau bawalah selalu botol air agar bisa segera minum saat merasa haus, sehingga kulit bisa kembali bercahaya dalam waktu singkat.