Ceklis Mainan Anak! 5 Kandungan Material Ini Tidak Boleh Ada Di Dalamnya!

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 21 Agustus 2017 | 10:30 WIB
Padukan Permainan Membungkus Barang dengan Berdagang (Dini)

Nakita.id- Berbicara tentang mainan anak, kita boleh iri pada negara  Amerika serikat yang punya aturan  sangat ketat soal ini.

 Selama Barack Obama menjadi presiden saja, Amerika serikat sudah melarang 18 jenis zat kimia untuk mainan anak, karena terbukti bisa merusak dan mengganggu kesehatan baik dalam jangka waktu pendek maupun lama.

Di Indonesia, walau sejak 3-5 tahun dibanjiri prodak mainan import murah asal China, sebenarnya mempunyai aturan tegas mengenai mainan untuk anak.

Setidaknya menurut Dr. Budi Haryanto, SKM, MKM, MSc, dari Departemen Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, ada 5 jenis zat kimia pada mainan yang dilarang beredar di Indonesia.

Baca juga: Panduan Memilih Mainan Anak

Sayangnya menurut Susanto, anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), masih banyak kasus mainan yang masuk ke Indonesia mengandung bahan baku kimia yang dapat merusak kesehatan. Dengan bahasa lain masih mengandung 5 jenis zat kimia yang dilarang tersebut.

Mainan yang mengandung 5 zat kimia tersebut menurut Susanto, banyak jenisnya, mulai dari mainan dari kayu, hingga mainan berbahan plastik.

Malah mainan plastik bisa saja dibuat dari plastik daur ulang yang kandungan merkuri dan cadmiumnya (dua dari delapan zat kimia yang dilarang) cukup tinggi.

Apa saja zat kimia berbahaya pada mainan? Coba Ibu pelajari agar kita punya daftar (ceklis) kandungan apa saja yang tidak boleh ada di mainan buah hati kita;

1. Cobalt Ini adalah bahan kimia berbahaya yang biasanya digunakan untuk membuat benda-benda tertentu dari bahan plastik. Jadi bisa dibuat untuk mainan juga.

2. Ethylene glycol Biasa digunakan untuk membuat rambut boneka.

3. Methyl ketone Bisa terdapat pada pakaian anak, atau pakaian boneka.