5 Hal yang Sering Dilakukan Saat Bayi Ini Jadi Penyebab Anak Usia 2 Tahun Belum Bisa Bicara

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 18 Agustus 2017 | 02:30 WIB
Anak usia dua tahun belum bisa bicara? Bisa jadi kebiasaan sejak bayi penyebabnya (Santi Hartono)

Nakita.id – Salah satu perkembangan penting pada anak yang jadi perhatian adalah perkembangan bicara anak. Nah, salah satu cara agar anak bisa lancar bicara dengan stimulus yang tepat. Tanpa disadari Ibu kerap melakukan hal-hal yang jadi penyebab anak usia dua tahun belum bisa bicara.

1.Jarang memandang bayi

Kontak mata dengan bayi sekalipun ternyata dapat menjadi stimulus agar anak bisa lancar bicara. Saat masih bayi,  anak akan memberikan bahasa isyarat untuk menyampaikan sesuatu yang ia inginkan. Ibu perlu memberikan respons kepada bayi atas bahasa isyaratnya dengan tersenyum atau berekspresi, melakukan kontak mata dan tentu saja dengan menanggapinya.

Baca juga: Cara Tepat Berbicara dengan Bayi Agar Cepat Bicara 

2.Tidak memberikan respons atas suara bayi

Apapun suara yang dikeluarkan oleh bayi harus kita respons agar ia banyak mendengar kata-kata baru. Ibu mungkin cenderung membiarkan si kecil berbahasa sendiri atau ngoceh sendiri tanpa ada balasannya. Hal ini membuat anak tidak terbiasa mendengar kata-kata baru dan tidak memahami cara berkomunikasi yang baik.

3.Sibuk main gadget

Ada baiknya Ibu tak membiarkan waktu bersama bayi hanya dihabiskan dengan bermain gadget. Kadang Ibu memilih memberikan anak gadget atau justru Ibu yang sibuk sendiri dengan tujuan agar anak lebih tenang. Memang benar ada tayangan tertentu yang membantu anak lancar bicara. Tetapi, anak membutuhkan lawan bicara secara nyata agar lancar bicara.

Baca juga: Main Gadget Bikin Anak Terlambat Bicara

4.Dibiarkan berlama-lama menonton televisi

Tayangan khusus anak-anak mudah ditemukan di televisi. Tapi bukan berarti si kecil bebas untuk menonton tayangan tersebut setiap hari. Sebuah studi dari Universitas Montreal mengungkapkan anak yang menonton lebih dari tiga jam per hari akan mengalami masalah pada kemampuan kosakata. Temuan ini menegaskan bahwa anak di bawah usia dua tahun tak boleh menonton televisi lebih dari dua jam setiap harinya.

Baca juga: Kenali Tanda Anak Terlambat Bicara Sejak Usia Dini

5.Tidak ada interaksi saat bermain keluar rumah

Mengajak bayi jalan-jalan ternyata punya manfaat salah satunya membuat ia jadi lebih cerdas! Hal ini bisa terjadi jika Ibu membuat komunikasi dan interaksi yang baik. Misalnya saat bermain di taman, Ibu perlu menceritakan serta menjelaskan apa yang ada di sekitarnya. Jangan biarkan ia diam saja dan tidak mendapatkan interaksi apapun!