Rahasia Sperma Tangguh Agar Mudah Membuahi

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 23 Agustus 2017 | 06:00 WIB
Akibat Donasi Sperma, 36 Anak Lahir dari Ayah Sakit Jiwa (Ipoel )

Nakita.id- Kehamilan bisa terjadi jika ada sel telur yang dibuahi oleh sperma. Persoalannya, hanya sperma berkualitas saja yang mampu membuahi sel telur wanita.

Supaya sperma bisa berkualitas, menurut dr. Jenni Kosumo, M. Gizi, SpGK,  gaya hidup harus diperhatikan. Contohnya menghindari alkohol karena terbukti, alkohol menurunkan kualitas sperma.

Begitu juga dengan pria yang kerap menggunakan celana ketat. Karena celana ketat bisa menyebabkan reproduksi sperma terhambat.

Celana ketat menyebabkan organ reproduksi seperti penis dan buah zakar terperangkap kondisi panas, karena sirkulasi udara kecil. Hal yang sama bisa terjadi pada pria yang menyukai mandi hangat di bathub.

Baca juga: Bersepeda Dapat Menurunkan Kualitas Sperma?

Jadi hal pertama yang harus diubah dan dilakukan adalah gaya hidup, alkohol, gaya berpakaian, gaya memanjakan diri, harus diubah.

Setelah itu gaya mengonsumsi makanan yang harus diubah. Makanan apa saja yang baik untuk kualitas sperma, menurut Jenni gampangnya lihat zat gizinya.

Memang, ada beberapa zat gizi yang menurut berbagai penelitian, terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma. Adapun zat gizi-zat gizi tersebut adalah;

Lemak. Merupakan sumber energi. Asupan yang dianjurkan 20-30% dari total energi. Hal ini penting untuk kesuburan pria. Lemak baik ini bisa didapatkan dari minyak zaitun, dan ikan laut. Khususnya ikan laut dalam.

Kalsium. Zat ini penting dalam masa konsepsi untuk memberikan energi pada sperma, supaya mampu bergerak cepat dan kuat menuju ovum. Pun kalsium dapat merangsang terjadinya pembuahan, setelah sperma mencapai ovum.

Kalsium bisa meningkatkan pH tubuh, yang menguntungkan bagi sperma dan telur yang sudah dibuahi. Kalsium mudah dan banyak ditemukan dalam susu dan olahannya; keju, youghurt.

Vitamin D. Hasil penelitian University of Wisconsin di Amerika Serikat menyimpulkan, mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan kesuburan/fertilitas pria.