Ibu Wajib Tahu! Ini Kebiasaan Penting yang Perlu Dilakukan Agar Payudara Tak Kendur Setelah Melahirkan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 21 Agustus 2017 | 02:30 WIB
Saluran susu di payudara yang tersumbat bisa menyebabkan benjolan pada payudara, dan itu sakit sekali. Sumbatan ini terjadi bisa karena ASI tidak sampai habis saat bayi menyusu (Santi Hartono)

Nakita.id - Salah satu kekhawatiran banyak wanita saat menyusui buah hati adalah bentuk payudara mengendur karena menyusui. Untuk itu, Ibu perlu melakukan perawatan yang tepat guna merawat payudara setelah melahirkan. Apa saja perawatan penting itu?

Menurut Matthew R. Schulman, M.D, seorang asisten profesor bedah kosmetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, penyebab payudara mengendur bukan karena Ibu menyusui, melainkan kenaikan dan penurunan berat badan selama masa hamil.

Begitu melahirkan, payudara akan mengeluarkan ASI secara alami. Agar payudara tetap terjaga dan dapat berfungsi baik, ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan. Apa saja? Yuk ikuti kebiasaan ini!

Baca juga: 6 Masalah Payudara Sering Dialami Ibu Menyusui 

Tidak mencuci payudara lebih dari dua kali sehari

Gunakan sabun saat mencucii payudara dan tidak menggosok dengan keras menggunakan handuk karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Agar payudara tetap lembap, Ibu bisa mengoleskan sedikit cairan ASI pada putting dan areola. Penggunaan ASI jauh lebih baik ketimbang menggunakan krim atau losion.

Agar tidak bengkak, payudara perlu dikosongkan dengan mengeluarkan ASI

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya peradangan yang dapat membuat payudara jadi bengkak dan membuat ASI berkurang. Jadi, sebaiknya Ibu jangan berhenti memompa ASI dengan alasan agar payudara beristirahat. Justru payudara harus tetap memproduksi ASI.

Baca juga: Sulit Menyusui? 7 Tanda Bayi Bermasalah Saat Menempel Payudara Ibu

Lakukan spa ringan sebelum menyusui atau memerah ASI

Merawat payudara bisa dilakukan sebelum menyusui. Mulailah dengan mengompres hangat payudara atau mandi air hangat. Pijat dengan bagian tengkuk dan punggung tangan dan lakukan dengan ringan.

Nah, ada cara mudah untuk melakukan pemijatan: Tekan jari tangan kanan ke payudara kiri. Lakukan gerakan melingkar di satu titik payudara, mulai dari pangkal menuju ke arah puting susu.