Mengenal Heartburn Pada Ibu Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 23 Agustus 2017 | 10:30 WIB
Heartburn dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya biasanya baru muncul di paruh kedua kehamilan dan akan terus datang dan menghilang sampai persalinan tiba. (Santi Hartono)

Nakita.id.-  Apakah akhir-akhir ini Ibu merasa dada Ibu seperti terbakar setelah makan?  Nah, mungkin saja Ibu sedang terkena heartburn.

Baca juga: Heartburn Saat Hamil Ini Cara Mengatasinya

Banyak Ibu yang mengalami heartburn pertama kali saat mengandung dan meskipun sensasi ini umum dirasakan para ibu hamil dan tidak berbahaya, heartburn bisa membuat Ibu merasa tidak nyaman.

 Heartburn atau refluks asam adalah sensasi terbakar yang seringnya menjalar dari bagian bawah tulang dada hingga ke tenggorokan bagian bawah.

Heartburn pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa perubahan hormon dan fisik di tubuh Ibu.

Saat hamil, plasenta memproduksi hormon progesteron guna melemaskan otot-otot halus di dalam rahim Ibu. Selain itu, hormon ini juga akan melemaskan katup-katup yang memisahkan kerongkongan dari perut, yang menyebabkan asam lambung bisa merembes naik dan menimbulkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan.

Baca juga: Mirip Gejala Mag Padahal Serangan Jantung

Progesteron juga akan melambatkan gerak peristaltik yaitu gerakan otot seperti gelombang dalam saluran pencernaan yang menggerakkan makanan dan cairan dari kerongkongan dan usus Ibu. Akibatnya, proses pencernaan menjadi lamban.

Di bulan-bulan menjelang persalinan, bayi Ibu yang sudah semakin besar akan memenuhi rongga perut dan ini pun bisa mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Dan terjadilah heartburn pada wanita hamil.

Apabila Ibu merasa sangat menderita akibat heartburn, Ibu jangan kecil hati, karena banyak perempuan yang mengalami heartburn saat hamil.

Baca juga: Tip Atasi Perih Di Lambung

Heartburn dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya biasanya baru muncul di paruh kedua kehamilan dan akan terus datang dan menghilang sampai kelahiran buah hati Ibu tersayang. (*)