Waspada, Ini Tanda-tanda Kanker yang Sering Diabaikan Orang

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 28 Agustus 2017 | 00:00 WIB
Fakta Terbaru Soal Kanker Payudara (Puri)

Nakita.id - Percaya atau tidak, tubuh yang kita miliki ini telah dirancang sedemikian rupa untuk bisa menunjukkan gejala penyakit tertentu, termasuk penyakit kanker. Masalahnya,  kita cenderung mengabaikan gejala-gejala ini.

Kanker adalah kelompok penyakit yang bisa menunjukkan beberapa tanda atau gejala. Tanda-tanda ini juga tergantung pada di mana kanker itu tumbuh dan berkembang, seberapa besar sel kankernya dan seberapa besar kanker tersebut memengaruhi organ atau jaringan tubuh lainnya. Jika kanker sudah menyebar, maka tanda-tandanya akan muncul di seluruh bagian tubuh.

Baca juga : Ini Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Perlu dicatat, ada beberapa gejala kanker yang bisa kita ketahui sejak dini dan disarankan untuk segera dokter bilsa merasakan satu atau lebih dari gejala-gejala tersebut. Gejala-gejala tersebut antara lain; 

1. Neoplasma kulit: Neoplasma dianggap sebagai tanda kanker payudara. Tanda-tandanya seperti munculnya benjolan di payudara atau ketiak, iritasi atau ruam, perubahan bentuk payudara, dan lainnya.

Baca juga : Kenali 7 Gejala Awal Munculnya Kanker

2. Batuk terus-menerus: Batuk yang tak kunjung sembuh bisa dianggap salah satu gejala kanker paru-paru. Ini terjadi bersamaan dengan gejala seperti penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan secara mendadak. Pada tahap selanjutnya, kanker paru-paru juga bisa menyebabkan batuk darah dan sesak nafas.

3. Kulit gatal: Ruam kulit tidak selalu berhubungan dengan tumor atau pertumbuhan sel kanker, tapi dalam kasus lain, di mana terdapat gejala neoplasma uterus, maka bisa menyebabkan gatal kelamin. Kanker otak juga bisa memicu gatal di lubang hidung.

4. Perubahan fungsi usus: Kanker di daerah usus dapat menyebabkan gejala seperti darah dalam tinja, sekresi mukus atau purulen (cairan yang dikeluarkan melalui hidung dan tenggorokan) dan buang air besar secara spontan.

Baca juga : 7 Tanda Kanker ini Sering Diabaikan Wanita

5. Darah saat buang air kecil: Ini mungkin pertanda kanker ginjal yang juga terkait dengan gejala seperti perdarahan saat kencing, hipertensi, nyeri pada ginjal dan kelemahan tubuh yang kronis.

6. Penurunan berat tubuh mendadak: Penurunan berat tubuh yang tiba-tiba bisa terjadi bila seseorang menderita kanker perut. Beberapa gejalanya ialah merasa jijik terhadap daging, satiasi dini, anemia dan kesulitan dalam pergerakan makanan melalui perut.

7. Sakit tenggorokan yang terus-menerus: Rasa sakit tenggorokan yang bertahan lama bisa menjadi gejala kanker laring. Hal ini juga terkait dengan kesulitan bernafas dan menelan, perasaan memiliki benjolan di tenggorokan, dan sebagainya. Ini juga merupakan gejala kanker yang tidak diketahui.

Sumber : Unknown Symptoms Of Cancer That 90% Of The People Ignore