Gejala Penyakit Kista Bisa Dideteksi dari Benjolan di Tangan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 28 Agustus 2017 | 02:45 WIB
Pernah Temukan Benjolan di Tangan atau Kaki Seperti Ini? Simak Info Medisnya (Ipoel )

Nakita.id - Gejala kista yang diderita pada kebanyakan perempuan ternyata bisa dideteksi secara dini melalui benjolan yang ada di pergelangan tangan.

Memang, kadang kala kita bingung apakah benjolan di pergelangan tangan tersebut memang tulang atau benjolan lain Benjolan itu juga bisa muncul di telapak tangan atau di sela-sela jari. Pun kalau ada, kita cenderung menganggap bahwa hal ini hanya disebabkan oleh luka, gigitan serangga atau lecet.

Ternyata, benjolan ini sebenarnya bisa menunjukkan masalah kesehatan yang serius, Bu!

Baca juga : Kista Dapat Disembuhkan Tanpa Operasi

Menurut ilmu kedokteran, kista ini disebut hygroma atau kista ganglion di pergelangan tangan yang sifatnya jinak. Paling sering, benjolan muncul di pergelangan tangan dan bisa terasa keras atau lembut ketika kita sentuh.

Namun, benjolan ini bisa berkembang di tempat-tempat lain, seperti di permukaan telapak tangan, di tengah atau dekat dengan ibu jari, di bagian dalam jari, hingga di daerah phalanx atau buku jari.

Berikut gejala kista ganglion yang ada di pergelangan tangan:

1. Kesulitan menggerakkan tangan: Bila kita mengalami kesulitan bergerak pada bagian sendi saat meregangkan jari atau pergelangan tangan, bisa jadi inilah salah satu penyebab benjolan di pergelangan tangan atau kista ganglion.

Baca juga : Benarkah Kista Bisa Menyebabkan Mandul

2. Kulit mengelupas: Kulit pada benjolan akan berubah menjadi merah dan mulai terkelupas. Ini adalah gejala ganglion lain di pergelangan tangan.

3. Rasa nyeri: Kita juga akan mengalami nyeri pegal karena iritasi pada jaringan di sekitarnya.

4. Sensitivitas kulit: Terjadi peningkatan atau penurunan sensitivitas kulit. Hal ini disebabkan karena kista yang tumbuh memberi tekanan pada pembuluh darah dan ujung saraf.